ITS Pertahankan Juara Umum Kontes Robot Indonesia ke 4 Kalinya

Senin, 18 Oktober 2021 - 09:45 WIB
ITS Pertahankan Juara Umum Kontes Robot Indonesia ke 4 Kalinya
Rektor ITS (kiri) ketika menerima penghargaan juara KRI 2021 dari Rektor UGM (kanan). Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Semakin mengokohkan kehebatannya dalam bidang robotika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) kembali menyabet predikat Juara Umum di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. Tak tanggung-tanggung, posisi ITS sebagai Juara Umum di KRI ini merupakan kali keempat berturut-turut dipertahankan sejak tahun 2018.

Bertempat di Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Eng Drs Benyamin Kusumoputro MEng selaku Kedua Dewan Juri mengumumkan bahwa tim robotika ITS berhasil menyabet 10 predikat kemenangan dalam KRI 2021. Kesepuluh kemenangan tersebut diraih oleh lima tim unggulan robotika ITS, yakni Tim RIOT, Tim IRIS, Tim ICHIRO, Tim Vi-Ros, dan Tim Rival ITS.

Baca juga: 6 Madrasah Raih Juara 1 di Kompetisi Robotik Madrasah 2021

Pada kontes robot berskala nasional yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, tim robotika ITS berlaga dalam lima divisi perlombaan.



Divisi pertama adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) yang berlangsung lebih dulu tanggal 29 September - 1 Oktober 2021 lalu. Pada divisi ini, tim robotika ITS diwakili oleh Tim RIOT.

Tak tanggung-tanggung, Tim RIOT telah mengawali prestasi dengan berhasil menempati podium Juara 1 nasional. Dengan demikian, Tim RIOT dari ITS berhak mewakili Indonesia bertarung di ajang internasional ABU Robocon 2021 pada 12 Desember 2021 mendatang, secara daring di Jimo, China.

Baca juga: Ungguli DKI dan Jabar, Jateng Jawara di Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa

Seolah kurang puas dengan predikat yang didapat, Tim RIOT juga menyabet gelar robot Desain Terbaik sekaligus dinobatkan sebagai robot dengan Strategi Terbaik.

Melalui prestasi tersebut, Tim RIOT ITS berhak membawa pulang Piala Sambawana, yakni piala bergilir yang diserahkan kepada pemenang KRAI.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2238 seconds (11.210#12.26)