Wajib Disimak, Ini Tips Lolos SBMPTN UGM dari Rektor Panut

Rabu, 20 Oktober 2021 - 12:02 WIB
loading...
Wajib Disimak, Ini Tips Lolos SBMPTN UGM dari Rektor Panut
Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/Humas UGM
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu universitas favorit pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Rektor UGM Prof Panut Mulyono menyampaikan beberapa hal agar calon mahasiswa bisa lolos SBMPTN.

Rektor menyampaikan, seleksi SBMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merupakan seleksi masuk yang mirip dengan pola seleksi lainnya.



“Yaitu untuk menjaring calon-calon mahasiswa terbaik,” kata Panut ketika dimintai pendapat mengenai tips lolos SBMPTN di UGM melalui ponsel, Selasa (19/10/2021).

Guru Besar Ilmu Energi UGM ini menuturkan, kriteria seleksi mahasiswa yang memakai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah nilai tes yang diterima oleh masimg-masing peserta.

Oleh karena seleksinya dengan nilai tes, ujar Rektor Panut, maka persiapan sebaik-baiknya untuk memperoleh nilai tes yang tinggi menjadi keharusan dalam persiapan menuju SBMPTN.



Di sisi lain, ungkapnya, nilai terendah atau cutting score yang ditetapkan di setiap program studi itu berbeda-beda dalam menerima calon mahasiswa baru.

“Maka strategi pemilihan program studi juga sangat menentukan keberhasilan masuk UGM,” jelasnya.

Panut berharap, selain persiapan strategi maka calon mahasiswa bisa memilih program studi sesuai dengan minatnya di perguruan tinggi yang dituju dan bukan ikut-ikutan orang lain.

Selain itu juga dia mengingatkan agar calon mahasiswa baru bisa memilih program studi andalannya yang disesuaikan dengan kemampuan atau rankingnya di kelas. “Persaingan nilai di program studi berbeda-beda,” terangnya.

Panut menjelaskan, selain SBMPTN UGM juga mempunyai jalur penelusuran bibit unggul pada jalur seleki mandiri. Jalur ini terbuka untuk calon mahasiswa baru UGM yang berprestasi, dari kalangan tidak mampu, berprestasi di olahraga dan seni serta program kemitraan.

“UGM juga mengundang para peraih medali emas olimpiade sains nasional untuk masuk UGM,” pungkasnya.

Melansir laman resmi UGM, pada SBMPTN 2021 UGM menerima 2.925 calon mahasiswa baru program sarjana. Dari 2.925 calon mahasiswa baru UGM yang diterima jalur seleksi SBMPTN ini adalah mereka yang lolos dari sebanyak 61.277 peminat yang ingin masuk UGM.

Sebanyak 2.925 calon mahasiswa UGM yang lolos jalur SBMPTN ini terdiri dari yang diterima melalui jalur Kartu KIP Kuliah 484 dan reguler 2.441 orang. Jumlah keseluruhan peminat SBMPTN 2021 yang ingin masuk UGM mencapai 61.277 orang.

Program studi dengan jumlah peminat terbanyak untuk Saintek adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Gizi Kesehatan.

Sedangkan untuk Soshum meliputi Program studi Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Komunikasi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)