2 Tim Telkom University Sabet Gelar Juara pada Kontes Robot Indonesia 2021

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 18:10 WIB
loading...
2 Tim Telkom University Sabet Gelar Juara pada Kontes Robot Indonesia 2021
Tim mahasiswa Telkom University berhasil meraih dua medali Perunggu pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 tingkat nasional. Foto/Dok/Humas Tel-U
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa Telkom University berhasil meraih dua medali Perunggu pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 tingkat nasional. Kompetisi yang berlangsung mulai dari 12–17 Oktober 2021 secara hybrid digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dua tim yang berhasil meraih gelar juara ini bersaing pada dua kategori lomba yaitu Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).



Koordinator Tim Robotik Tel-U, yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro, Felix, mengungkapkan, raihan juara ini tidak lepas dari persiapan rekan-rekan yang dilakukan jauh hari sebelum kompetisi berlangsung.

Dia juga menekankan kepada masing-masing tim untuk memiliki niat, tekad, dan kemauan yang tinggi untuk dapat menciptakan robot yang sesuai dengan peraturan dan misi yang ada.

"Persiapan tersebut juga dilakukan jauh-jauh hari sehingga tidak tergesa-gesa dan setiap tim juga tidak menyerah untuk selalu melakukan riset-riset yang dapat meningkatkan kinerja dari robotnya. Progres setiap tim juga selalu dipantau agar selesai tepat waktu dan sesuai dengat target yang telah dibuat,” ungkap Felix dalam keterangan pers, Jumat (22/10/2021).



Tim pertama yaitu Tim Arjuna yang berlomba pada kategori KRSRI, menciptakan sebuah robot SAR (Search & Rescure) yang tujuannya adalah untuk melakukan evakuasi korban ketika terjadi bencana alam atau kebakaran pada suatu wilayah. Robot ini akan berjalan secara autonomous (tanpa awak) melakukan pencarian sumber api untuk dipadamkan pada sebuah area berbentuk labirin.

Setelah api dipadamkan, korban di dekat sumber api akan langsung dievakuasi ke tempat yang aman. Penilaian utama pada kategori ini adalah kecepatan waktu dalam menetralisir bencana dan evakuasi korban.

Untuk tim kedua yaitu Tim Titanium yang berlomba pada kategori KRTMI. Pada kontes tematik ini selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Khusus pada tahun ini, KRTMI memainkan permainan tradisional yaitu Dam-daman. Kontes ini diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin yang menghadirkan proses desain berbasis sistem yang lebih virtual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4026 seconds (0.1#10.140)