10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:49 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan
Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Foto/Dok/Ruangguru
A A A
JAKARTA - Berikut ini adalah 10 jurusan di perguruan tinggi yang bisa menjadi bahan pertimbangan siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas.

Berbeda dengan pembelajaran di SMA yang mengutamakan kemampuan teoritik siswa, pembelajaran di jenjang SMK lebih mengedepankan kemampuan praktik sehingga lulusannya pun diharapkan siap dan mampu beradaptasi dengan cepat di dunia kerja.



Namun, dari sekian banyak lulusan SMK yang langsung terjun ke dunia kerja, ternyata ada juga yang ingin melanjutkan pendidikan ke dunia perguruan tinggi. Nah bagi yang mau kuliah, jangan bingung untuk memilih perguruan tinggi dan jurusannya.

Melansir laman startup bidang edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Senin (25/10/2021), berikut adalah 10 jurusan yang bisa dijadikan referensi saat bingung menentukan jurusan mana yang harus dipilih bagi lulusan SMK. Disarankan untuk memilih jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.

1. Jurusan Arsitektur
Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang dipelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Jurusan Arsitektur akan memberikan pelajaran mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Untuk masuk di jurusan ini paling tidak harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.



Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, mahasiswa akan sering berhubungan dengan pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, pengenalan detail dari bagian bangunan, hingga pembuatan desain.

Maka dari itu, dibutuhkan skill dan kreativitas yang tinggi agar nantinya kamu bisa merancang setiap bangunan dengan baik dan sesuai permintaan klien.

Di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa dipilih seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Nah, setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

2. Jurusan Teknik Mesin
Bagi siswa SMK yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Karena hampir semua hal saat ini berhubungan dengan mesin, sebagai lulusan jurusan ini, nantinya juga akan bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

3. Jurusan Teknik Informatika
Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya didapat di SMK, bisa dikembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu akan belajar secara rinci mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini bisa ditemui di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Tak hanya prospek kerja yang menjanjikan di kalangan e-commerce, ternyata lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan perbankan.

4. Jurusan Farmasi
Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Di jurusan ini, selain akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, mahasiswanya juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat.

Saat kuliah di Jurusan Farmasi tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi juga akan terlibat dalam berbagai praktikum.

Tidak hanya bekerja di apotek, sebagai lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan.

5. Jurusan Akuntansi
Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa dipilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini ilmu yang akan dipelajari yakni mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya.

Basic ilmu akuntansi yang telah dipelajari di SMK bisa diperdalam lagi di jurusan ini. Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S. E).

Gelar ini bisa dipakai sebagai permulaan karir sebagai Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Jurusan akuntansi ini bisa diakses di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran
Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di Jurusan Administrasi Perkantoran bisa menjadi pilihan.

Ilmu yang akan dipelajari tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.

Lulusannya bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di suatu perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan.

7. Jurusan Pariwisata
Jurusan ini akan memperdalam mengenai bidang pariwisata meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. Salah satu keterampilan yang harus dipunya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting karena nantinya akan mempertemukanmu dengan banyak wisatawan dari berbagai negara.

Prospek kerja lulusan Pariwisata sangatlah luas. Mulai dari Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel.

8. Jurusan Tata Busana
Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, juga akan dibekali dengan keterampilan lain seperti mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat project tentang fashion.

Berbagai keterampilan tersebut bisa menjadi dasar untuk melanjutkan kuliah di jurusan terkait, misalnya Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

Menariknya, di jurusan ini juga akan diajari mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi untuk fashion, hingga menggambar model. Sebagai mahasiswa Jurusan Pariwisata, biasanya di akhir semester perkuliahan, mahasiswanya akan diberikan tugas untuk mengadakan suatu event fashion show dengan menampilkan baju rancanganmu sendiri.

Lulusan jurusan ini bisa berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger. Ada banyak perusahaan dan industri fashion yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi.

9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan S1 bagi lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis. Pada jurusan ini, akan dipelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual.

Terdapat tiga peminatan yang bisa dipilih disesuaikan dengan kemampuan, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI).

Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

10. Jurusan Film dan Televisi
Salah satu jurusan kuliah yang bisa dipilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi. Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah diperoleh di SMK, kamu juga akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Karir yang bisa dicoba seperti di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.

Demikian 10 jurusan kuliah yang bisa dipertimbangkan bagi lulusan SMK yang masih bingung mau masuk jurusan apa. Akan lebih baik lagi jika jurusan yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan dan bidang yang disukai.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)