Singkirkan 54 Negara, Mahasiswa Pascasarjana IPB Juara di Ajang Internasional

Selasa, 02 November 2021 - 17:52 WIB
loading...
Singkirkan 54 Negara, Mahasiswa Pascasarjana IPB Juara di Ajang Internasional
Mahasiswa pascasarjana IPB University Cakra Adiwijaya. Foto/Dok IPB University
A A A
JAKARTA - Dalam kompetisi Hack the Planet Competition 2021 yang diselenggarakan oleh The Commonwealth Secretariat and the Satellite Applications Catapult, Cakra Adiwijaya mahasiswa Sekolah Pascasarjana Program Studi Ilmu Kelautan IPB University dan rekan-rekannya berhasil meraih Juara II.

Dalam kompetisi yang diikuti oleh peserta dari 54 negara ini, Cakra memenangkan hadiah berupa uang tunai sebesar ÂŁ10.000. Berkat inovasinya juga, ia memperoleh pengakuan dari seluruh dunia dan banyak keuntungan lainnya saat mengikuti kompetisi ini.



“Penyelenggaraan Hack the Planet Competition merupakan yang pertama pada 2021 dan sudah dilaksanakan pada tingkat global. Kompetisi ini dilaksanakan secara virtual sebagai wadah untuk mencari inovasi dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan di laut dan degradasi iklim dengan memanfaatkan data penginderaan jauh,” katanya melalui siaran pers, Selasa (2/11/2021).

Menurutnya, ide-ide yang diangkat harus berhubungan dengan salah satu dari sepuluh tantangan yang ditetapkan dalam the Commonwealth Blue Charter.

“Kami membuat tools bernama The Martha Toolbox (Marine Spatial Priorization and Habitat Analysis Toolbox). Tools ini berbasis cloud dengan tujuan konservasi di ekosistem mangrove, lamun, dan terumbu karang. Tools ini rencananya akan disinkronisasi dengan perangkat lunak spasial, salah satunya adalah Google Earth Engine (GEE),” ujarnya.



Cakra menambahkan, semua orang bisa berkontribusi dalam tools yang ia buat dan terdapat pula perangkat analisis di dalamnya.

“Perkembangan tools saat ini adalah sedang validasi data. Dan tools ini mulai dikenalkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Selain itu, sedang ada pembicaraan dengan pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga terkait ini,” ungkapnya.

Prestasi ini tentunya juga membuat bangga civitas akademika di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)