Literasi Ekonomi Syariah Masyarakat Baru 21%, Wapres: Peran Kampus Sangat Penting

Kamis, 04 November 2021 - 01:21 WIB
loading...
Literasi Ekonomi Syariah Masyarakat Baru 21%, Wapres: Peran Kampus Sangat Penting
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menerima audiensi Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro melalui konferensi video. Foto/SINDOnews/Dita Angga
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin hari ini menerima audiensi Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro melalui konferensi video. Pada kesempatan itu keduanya membahas pentingnya peningkatan literasi masyarakat terkait ekonomi dan keuangan syariah.

Peningkatan ini penting jika ingin Indonesia menjadi pusat produsen halal terbesar di dunia. Maruf mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang belum memahami konsep ekonomi dan keuangan syariah. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif seluruh elemen terkait, termasuk salah satunya perguruan tinggi .



"Keterlibatan perguruan tinggi menjadi sangat penting," katanya, Rabu (3/11/2021).

Dia mengatakan berdasarkan laporan dari Bank Indonesia yang diterima, saat ini terdapat peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah di masyarakat dari 16% menjadi 21%. Data tersebut menunjukkan masih besarnya pekerjaan rumah yang dimiliki Indonesia.

Untuk itu, kehadiran halal center di lembaga-lembaga pendidikan menjadi sangat penting untuk membantu pemerintah menyukseskan pengembangan ekosistem syariah.

"Kehadiran UI Halal Center menjadi sangat penting untuk bisa mempercepat (pengembangan ekosistem syariah), baik di industrinya maupun di sertifikasinya, lembaga pemeriksanya, kemudian juga penyiapan auditornya," tuturnya.



Dia meminta agar UI Halal Center dapat merangkul UMKM di wilayahnya untuk diberikan pendampingan dan pelatihan. Ini agar memiliki kemampuan wirausaha yang baik dan produk-produk yang berdaya saing.

"Disamping kita juga mendorong pengusaha-pengusaha UMKM ini, kita tumbuhkan (kemampuannya)," ungkap Wapres.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5589 seconds (0.1#10.140)