Ini Kiat Pulihkan Semangat Anak Sambut PTM Terbatas

Kamis, 04 November 2021 - 14:22 WIB
loading...
Ini Kiat Pulihkan Semangat Anak Sambut PTM Terbatas
Sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peserta didik banyak yang masih bingung atau pun kurang semangat dalam menjalani pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas karena sepanjang pandemi mereka belajar dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berikut ini disampaikan beberapa cara agar anak kembali semangat dalam menyambut PTM Terbatas.

Mengutip Instagram resmi Kemendikbudristek di @kemdikbud.ri, Rabu (3/11/2021), pandemi sempat membuat kegiatan belajar mengajar terpaksa dilakukan secara daring.

Baca juga: Bantuan Kuota Data Kembali Tersalur November, Pastikan Ini untuk Mendapatkannya

Seiring berjalannya waktu, kegiatan belajar di berbagai daerah kembali dilaksanakan di sekolah dengan menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

Berbagai cara pun dapat dilakukan para guru di sekolah untuk memulihkan semangat anak dalam menyambut PTM terbatas. Apa saja kiatnya? simak daftarnya di bawah ini.

1. Dengarkan Pengalaman Anak Selama Pandemi
Dorong anak-anak untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi pengalaman mereka selama pandemi Covid-19. Pastikan anak-anak dihargai, didengarkan dan terjaga kesehatan emosionalnya.

2. Gunakan Metode Pembelajaran yang Menarik
Guru dapat mendorong dengan cerita yang mengandung motivasi belajar, ketangguhan maupun karakter-karakter positif lainnya. Terapkan metode karya wisata. Bukan berarti anak dibawa ke tempat wisata yang jauh, tetapi dapat dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah.

3. Desain Lingkungan Belajar Yang Menarik
Lingkungan yang nyaman dan aman dapat membantu mengembalikan semangat anak dalam belajar. Guru dapat menempel gambar-gambar menarik di dinding kelas atau menyediakan bangku warna warni.

4. Sambut Anak dengan Salam dan Senyum Hangat
Guru adalah model bagi anak. Agar mereka memiliki semangat yang bagus, maka guru harus mampu menyambut mereka dengan penuh ceria dan kehangatan.

Demikian 4 cara untuk memulihkan semangat anak untuk kembali belajar di PTM Terbatas. Semoga para siswa dapat kembali belajar agar mereka tidak semakin banyak kehilangan kesempatan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3248 seconds (10.177#12.26)