Kusmana, Dosen UIN Jakarta Didaulat Jadi Profesor Ilmu Tafsir

Kamis, 04 November 2021 - 23:16 WIB
loading...
Kusmana, Dosen UIN Jakarta Didaulat Jadi Profesor Ilmu Tafsir
Dosen Ilmu Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta, Doktor Kusmana, diangkat menjadi Guru Besar atau Profesor bidang Ilmu Tafsir. Foto/Dok/UIN Jakarta
A A A
JAKARTA - Pengajar Ilmu Tafsir Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta, Doktor Kusmana, diangkat menjadi Guru Besar atau Profesor bidang Ilmu Tafsir. Pengangkatannya dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Menristek) Nomor 71881 Tahun 2021 tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen.

Surat yang ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyebutkan pengangkatan yang bersangkutan didasarkan pada Surat Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor B-801/DJ.I/Dt.I.III/Kp.07.6/12/2020 tanggal 7 Desember 2020.



“Berdasarkan Penetapan Angka Kredit Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 446/E4/KP/GB/2021 tanggal 30 September 2021 Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan diangkat dalam jabatan Profesor/Guru Besar,” tambah SK tersebut.

Selain Kusmana, Dosen Program Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin, UIN Jakarta Doktor Ismatu Ropi juga diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Perbandingan Agama. Ismatu Ropi merupakan salah satu dosen UIN Jakarta yang berhasil meraih pangkat akademik pada Oktober ini.

Seperti dilansir dari laman resmi UIN Jakarta, Kusmana yang terakhir kali berpangkat Lektor Kepala/507,50 per 1 Januari 2014 itu diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Tafsir dengan angka kredit sebesar 906 terhitung 1 September 2021.



Dalam penelusuran, Kusmana yang lahir di Tasikmalaya mengampu sejumlah mata kuliah dalam disiplin Ilmu Tafsir. Di Program Magister Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, ia mengampu mata kuliah Ushul al-Tafsir dan Pendekatan Studi Qur’an dan Tafsir.

Di Program Pengkajian Islam Sekolah Pascasarjana, baik Magister maupun Doktor, ia mengampu mata kuliah Introduction to Quran and Hadith Sciences dan Quranic Exegesis Method.

Kusmana menempuh pendidikan sarjana Tafsir al-Quran dan Hadits, Fakultas Ushuluddin, IAIN Jakarta (kini, UIN Jakarta). Lalu melanjutkan program magister ke McGill University Kanada dan Program Doktor di Erasmus University Rotterdam Belanda.

Untuk menyelesaikan doktornya, Kusmana menulis disertasi berjudul Kodrat Perempuan (Woman’s Nature), Leadership, Civic Engagement, Cultural Citizenship, Interpretation di bawah bimbingan promotor Profesor Dick Douwes. Disertasinya bisa diakses di https://repub.eur.nl/pub/98675/.

Selain mengajar, Kusmana yang kini menjabat Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ushuluddin mempublikasikan banyak tulisan dalam bentuk buku, book chapter, dan artikel jurnal. Tulisannya bisa diakses di https://scholar.google.co.id/citations?user=sk0ZOaUAAAAJ&hl=id.

Terpisah, Rektor UIN Jakarta Profesor Amany Lubis menyampaikan selamat atas pencapaian pangkat akademik Guru Besar yang diraih Doktor Kusmana. “Semoga pencapaian ini terus memotivasi yang bersangkutan dan para dosen lain untuk melaksanakan kiprah akademiknya,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)