Wujudkan Mimpi yang Tertunda, Wisudawan Unpad Ini Berhasil Raih Doktor di Usia 73 Tahun

Jum'at, 05 November 2021 - 16:13 WIB
loading...
Wujudkan Mimpi yang Tertunda, Wisudawan Unpad Ini Berhasil Raih Doktor di Usia 73 Tahun
Imam Suhardjo HM meraih predikat sebagai wisudawan paling senior secara usia pada Wisuda Gelombang I Unpad Tahun Akademik 2021/2022. Foto/Dok/Humas Unpad
A A A
JAKARTA - Imam Suhardjo HM meraih predikat sebagai wisudawan paling senior secara usia pada Wisuda Gelombang I Universitas Padjajaran (Unpad) Tahun Akademik 2021/2022. Meski sempat terkena Covid-19 saat penulisan disertasi, namun Imam terus berjuang untuk meraih gelar Doktor.

Perjuangan Imam ini menampik anggapan bahwa usia dapat menjadi halangan untuk melanjutkan pendidikan. Sebab di usianya yang ke-73 tahun, ia berhasil meraih gelar Doktor pada Program Doktor Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran .



“Saya punya obsesi melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Waktu ketika masih muda belum sempat karena berbagai kesibukan, dan baru bisa terlaksana ketika sudah tua,” kata Imam melansir laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Jumat (5/11/2021).

Imam sendiri tercatat sebagai mahasiswa Doktor Fikom Unpad sejak 2016, atau ketika berusia 68 tahun. Gelar Magister Komunikasinya pun baru diraih Imam pada usia 66 tahun.

Kendati usianya tidak lagi muda, Imam Suhardjo justru menjadikannya sebagai motivasi bagi anak, cucu, maupun juniornya untuk bisa mencapai setinggi-tingginya. Apalagi ketika usia dan waktu masih sangat cukup untuk melanjutkan studi.



Lima tahun menjalani kuliah, Imam mengaku tidak memiliki kendala berarti. Ia mampu menyelesaikan studinya dengan baik. Jarak yang harus ditempuh dari kediamannya di Bekasi untuk berkuliah di Jatinangor menurutnya bukan menjadi hambatan yang sulit.

Salah satu hambatan yang dihadapi Imam Suhardjo adalah ketika sedang menyusun disertasi. Proses penyusunan disertasi dilakukannya ketika masa pandemi Covid-19 di 2020.

Bahkan, ia sempat terkena Covid saat Desember 2020, beberapa saat setelah penelitian disertasinya selesai dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)