10 Beasiswa Kuliah di Korsel yang Bisa Dicoba para Pecinta K-Pop dan Drakor

Senin, 08 November 2021 - 13:09 WIB
loading...
10 Beasiswa Kuliah di Korsel yang Bisa Dicoba para Pecinta K-Pop dan Drakor
Beasiswa kuliah di Korea Selatan wajib diketahui untuk kamu yang tertarik menimba ilmu di Negeri Ginseng. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beasiswa kuliah di Korea Selatan wajib diketahui untuk kamu yang tertarik menimba ilmu di Negeri Ginseng. Bukan hanya yang dimunculkan di dalam Drama Korea atau K-Pop, Korea Selatan juga mempunyai kualitas pendidikan terbaik di wilayah Asia. Bahkan, Seoul National University mampu menduduki peringkat 36 sebagai universitas terbaik di dunia menurut versi QS WUR 2022.

Menariknya, setiap tahun pemerintah Korea Selatan , pemerintah Indonesia dan juga beberapa lembaga beasiswa membuka peluang beasiswa. Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa internasional, termasuk Indonesia, guna melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di Korea Selatan.

Baca juga: 7 Macam Beasiswa yang Bisa Dipilih untuk Kuliah di Prancis, Tertarik?

Secara umum, terdapat beberapa beasiswa yang dapat kamu coba untuk melanjutkan kuliah ke Korea. Selain melalui pemerintah, kamu juga dapat mendaftar secara langsung ke universitas di Korea yang telah menyediakan beasiswa.

Beberapa beasiswa ini akan meringankan biaya kuliah di Korea. Dengan beragam beasiswa yang ditawarkan, kamu bisa mulai merancang strategi dan menyiapkan persyaratannya mulai dari sekarang. Mengingat orang yang ingin melanjutkan kuliah ke Korea Selatan sangat banyak.

Nah, berikut adalah beasiswa kuliah di Korea Selatan secara lengkap yang disadur dari berbagai sumber. Lalu, Apa Saja Beasiswa Kuliah di Korea Selatan?

Baca juga: 20 Universitas Terbaik Asia versi QS Asia University Rankings 2022

1. Global Korean Scholarship (GKS)
Beasiswa Global Korean Scholarship atau Korean Government Scholarship Program ini merupakan beasiswa yang paling populer bila kamu ingin melanjutkan kuliah ke Korea. GKS adalah beasiswa penuh yang berasal dari pemerintah Korea Selatan yang ditujukan kepada para pelajar dari seluruh dunia.

Menariknya, GKS sudah menyediakan beasiswa yang dimulai dari jenjang associate degree (D3), S1, S2, dan S3. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, tunjangan penelitian, biaya belajar bahasa Korea, dan juga asuransi kesehatan.

2. The Korean International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program
Beasiswa ini diberikan kepada pegawai pemerintah dari negara-negara yang masih berkembang termasuk Indonesia. Korean International Cooperation Agency ini ditujukan untuk mereka yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di Korea dengan mengambil bidang-bidang yang berhubungan dengan pembangunan.

Lulusan dari program ini diharapkan bisa berkontribusi untuk pembangunan sosial ekonomi di negara asalnya. KOICA terdiri atas biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, akomodasi, dan asuransi kesehatan.

3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
LPDP merupakan program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Beasiswa ini ditujukan kepada anak negeri yang ingin mengambil program magister dan doctor di dalam atau luar negeri.

Beberapa perguruan tinggi Korea Selatan yang sudah menjadi mitra untuk program ini adalah Pohang University of Science and Technology, Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Sungkyunkwan University, Yonsei University, Korea University, Kyung Hee University, dan Ewha Womans University.

4. The Korean Green Promotion Agency (KGPA)
Bila kamu adalah seorang yang mencitai lingkungan dan tertarik untuk belajar mengenai kehutanan, KGPA adalah tujuanmu. Beasiswa ini ditujukan kepada mereka yang ingin mendalami tentang dunia kehutanan untuk jenjang master di universitas yang ada di Korea Selatan. Beasiswa ini membidik pelajar dari negara yang berkembang termasuk Indonesia.

5. Beasiswa Seoul National University (SNU)
SNU sudah menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asing. Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk menggenjot peringat dan kualitas kampus menuju level global. Beasiswa yang ditawarkan terdiri atas SNU Global Scholarhsip dan SNU Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS).

Beasiswa ini disediakan untuk 60 mahasiswa asing program pascasarjana setiap semesternya. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah tanpa uang saku, ada juga yang menanggung uang saku tapi tidak termasuk biaya kuliah. Namun, beasiswa ini juga menyediakan cakupan yang lebih luas yaitu SNU Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS) yang mencakup biaya kuliah ditanggung penuh sampai lulus selama mahasiwa tersebut memenuhi syarat.

6. Yonsei University
Yonsei University, Underwood International College (UIC) merupakan sebuah kampus yang berbasis liberal arts dengan gaya Amerika yang dipadukan dengan sumber daya Korea Selatan. Kampus ini memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. UIC menawarkan beasiswa penuh untuk mahasiwa internasional dengan syarat mempertahankan IPK supaya beasiswa terus berlanjut.

7. Beasiswa Korea National University of Arts
Untuk kamu yang berjiwa seni, Korea National University of Arts dapat menjadi salah satu rekomendasi. Kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh melalui program Art Major Asian (AMA) Scholarships untuk pelamar internasional, termasuk Indonesia, guna melanjutkan pendidikan S1 dan S2. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, tunjangan bulanan, pelatihan bahasa Korea, dan asuransi kesehatan.

8. Ewha Womans University
Ewha Womans University sudah mempunyai program beasiswa penuh atau sebagian bagi mahasiswa internasinal pada program sarjana dan pascasarjana. Beasiswa yang ditawakan adalah International Students Scholarships. Program ini terdiri atas biaya kuliah 4 tahun, biaya kuliah 2 tahun, biaya kuliah selama 1 tahun, dan program beasiswa potongan kuliah selama 1 semester.

9. Beasiswa Korea University
Kampus yang telah berdiri sejak 1905 ini dikenal dengan kiprahnya dalam mengembangkan pendidikan internasional. Kampus ini adalah salah satu kampus terbaik sekaligus tertua di Korea Selatan. Ada beberapa beasiswa untuk pelamar internasional yaitu beasiswa penuh 8 semester dan beasiswa yang menunjang 50 persen biaya kuliah selama 8 semester.

10. Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
Kampus ini berdiri menjadi universitas riset pertama di Korea Selatan. Keberhasilan riset yang dilakukan oleh kampus ini ditunjang dengan dana pemerintah dan perusahaan seperti Samsung. Beasiswa di kampus ini adalah KAIST International Students Scholarship untuk mahasiwa sarjana dan pascasarjana. Beasiswa untuk program ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan biaya penelitian.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1432 seconds (10.55#12.26)