Prof. Heri Hermansyah Terpilih sebagai Dekan FTUI, Ini Program Unggulannya

Selasa, 09 November 2021 - 09:26 WIB
loading...
Prof. Heri Hermansyah Terpilih sebagai Dekan FTUI, Ini Program Unggulannya
(Kiri) Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng terpilih sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk periode 2022–2026. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng terpilih sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) untuk periode 2022–2026. Pemilihan dekan dilakukan pada Senin (8/11) secara virtual dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube UI Teve.

Heri mengajukan visi “Membangun Entrepreneur FTUI yang Unggul Berdampak Tinggi melalui Kolaborasi Multidisiplin berbasis Produktivitas untuk Mewujudkan FTUI yang Unggul dan Berdaya Saing Global”.



Untuk mewujudkan visi tersebut, ia mengajukan beberapa tujuan strategis yang ingin dicapai dalam masa kepemimpinannya, yaitu terwujudnya pendidikan yang dapat beradaptasi dengan industri 4.0.

Selain itu, berdaya saing global dan terwujudnya pengembangan kolaborasi riset multisidiplin yang melibatkan pelaku bisnis, industri, pemerintah, alumni, masyarakat, dan juga media.

Tujuan tersebut diimplementasikan ke dalam tiga strategi, yaitu penguatan engineering entrepreneurship (empowering), peningkatan kualitas riset inovasi dan pengabdian masyarakat yang berdampak tinggi (impactful), dan modernisasi pendidikan keteknikan berkualitas berdampak tinggi (modernization).



“Strategi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam 11 program unggulan prioritas yang akan memberikan kontribusi kepada UI berupa reputasi, pemasukan, dan pengembangan kapasitas pelayanan sebagai institusi kelas dunia. FTUI dengan sebelas program ini akan mendukung UI secara totalitas untuk mewujudkan visinya sebagai Entrepreneurial University serta mendukung suksesnya program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (9/11/2021).

Kesebelas program tersebut di antaranya adalah program paket kerja sama dan kolaborasi dalam hal pengembangan riset, program pengembangan entrepreneurship bagi mahasiswa, pengembangan fasilitas pendidikan virtual yang dapat mengakomodasi keperluan mahasiswa teknik, adanya basis data jaringan komunitas teknik, pengembangan organisasi keteknikan yang bersifat multidisiplin, dan program insentif hibah pengembangan riset.

Salah satu program unggulan yang akan ia lakukan dalam masa kepemimpinannya adalah pendirian Reverse Engineering Center yang berfokus pada hirilisasi produk-produk riset FTUI. Nantinya, setiap hasil riset yang dihasilkan oleh FTUI akan melalui suatu proses reverse engineering, yaitu kegiatan analisis untuk merancang suatu produk baru yang sejenis dengan produk kompetitor yang telah ada di pasaran dengan cara mencari kelemahan produk tersebut dan memodifikasi agar produk baru yang dihasilkan dapat mengatasi kelemahan tersebut. Menurutnya, dengan menerapkan metode modifikasi seperti ini, maka proses hilirisasi riset akan efisien dalam hal pendanaan dan waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3504 seconds (0.1#10.140)