Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 6 Pertimbangan Sebelum Ikut Pertukaran Pelajar

Selasa, 09 November 2021 - 16:15 WIB
loading...
Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 6 Pertimbangan Sebelum Ikut Pertukaran Pelajar
Pertukaran pelajar terutama yang dilakukan dengan perguruan tinggi luar negeri akan memberi banyak manfaat bagi mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pertukaran pelajar terutama yang dilakukan dengan perguruan tinggi luar negeri akan memberi banyak manfaat bagi mahasiswa. Selain meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, networking juga karier. Namun sebelum mengikuti program tersebut ada baiknya mempertimbangkan 6 hal ini yang perlu diketahui mahasiswa.

Penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) di Twente University Dewi Nabilah Anwar menuturkan, akan sangat disayangkan apabila mahasiswa tidak memperhitungkan peluang dalam mendapat beasiswa, khususnya beasiswa pertukaran pelajar.



Mahasiswa akan mendapatkan beberapa benefit apabila mengikuti program pertukaran pelajar. Menurutnya, dengan mengikuti pertukaran pelajar, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa baik bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan.

Program pertukaran pelajar memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal perbedaan cara belajar di Indonesia dengan negara luar.

“Kita juga dapat menambah relasi, mempelajari kultur baru, melihat dunia secara nyata di luar negara sendiri dan yang terakhir mencari tahu kesempatan karir,” katanya pada Scholarship Webinar yang diadakan BEM Unair melansir laman resminya, Selasa (9/11/2021).



Dewi, sapaan akrabnya, menyebutkan setidaknya ada enam pertimbangan yang harus dilakukan sebelum mahasiswa memutuskan untuk melakukan pertukaran pelajar.

Pertama adalah ketersediaan kelas dan kursus, karena terkadang ketersediaan kelas belum tentu sama dengan mata kuliah di jurusan saat berkuliah.

Pertimbangan selanjutnya adalah pertimbangan keuangan dan jenis beasiswa yang akan diambil. “Komunikasikan kepada orang tua apakah bersedia menanggung kebutuhan tersebut selama pertukaran pelajar. Lalu, yang tidak kalah penting kita juga memerlukan restu keluarga besar,” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)