12 Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat dari Universitas Nasional

Rabu, 10 November 2021 - 00:23 WIB
loading...
12 Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat dari Universitas Nasional
Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala. Tetapi, cara mengatasi sakit kepala sebenarnya tak perlu minum obat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala . Tetapi, cara mengatasi sakit kepala sebenarnya tak perlu minum obat. Lantas bagaimana caranya? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menekan ibu jari kaki. Karena jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala.

Melansir laman resmi Universitas Nasional (Unas), berikut ini dijelaskan tips meredakan sakit kepala tanpa obat:

1. Minum air putih
Sakit kepala mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda mengalami dehidrasi. Beberapa ahli mengatakan, dehidrasi bisa menyebabkan pembuluh darah di otak kesulitan mengatur kadar cairan tubuh sehingga memicu sakit kepala.

2. Tekan ibu jari kaki
Dalam refleksologi, jempol kaki berkaitan dengan saraf kepala. Memberikan sedikit tekanan pada ibu jari biasanya akan meredakan sakit kepala.

3. Gunakan bola tenis
Ambil dua bola tenis, sejajarkan. Setelah itu, berbaringlah dan posisikan bola di belakang leher. Perlahan-lahan, berikan sedikit tekanan seolah bola memijat leher. Hal ini akan membantu menenangkan otot-otot suboksipital yang merupakan penyebab utama nyeri ketegangan sakit kepala.

4. Gigit cabai rawit
Ahli gizi Lily Soutter dari Nuffield Health mengatakan, bahan aktif dalam cabai, capsaicin telah terbukti dapat meredakan sakit kepala untuk penderita migrain.

5. Makanlah sesuatu
Ahli gizi, Alexis Poole mengatakan, otak Anda membutuhkan energi untuk berfungsi. Jika kadar glukosa turun terlalu rendah, maka salah satu dampaknya adalah sakit kepala.

6. Menundukkan kepala
Banyak sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan di otot leher. Menundukkan atau mendongakkan kepala akan membantu meredakan sakit kepala. Tundukkan kepala, selipkan dagu di dada bagian atas. Selanjutnya, angkat kepala hingga beberapa waktu.

7. Matikan komputer
Terlalu banyak berada di depan layar dapat menyebabkan computer vision syndrome, dengan gejala termasuk mata kering dan sakit kepala.

Untuk itu istirahatkan mata 15-20 menit setiap 50 menit. Hal ini akan meredakan sakit kepala dan ketegangan mata. Dan ingat aturan 20-20-20, setiap 20 menit bekerja di depan komputer, sempatkan untuk memalingkan pandangan dari layar monitor selama 20 detik ke titik lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)