Inilah 6 Tanda-tanda Anak Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi

Rabu, 10 November 2021 - 18:21 WIB
loading...
Inilah 6 Tanda-tanda Anak Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi
Anak Sekolah Dasar tengah membaca buku antariksa. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mempunyai anak yang cerdas dan memiliki Intelligence Quotient (IQ) tinggi tentu keinginan setiap orang tua. Berbagai upaya sering dilakukan oleh para orang tua agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak supaya menjadi anak yang cerdas dan memiliki IQ tinggi.

Saat ini, sudah banyak penelitian yang meneliti untuk mengetahui tanda-tanda anak yang cerdas dan memiliki IQ tinggi. Dilansir dari Cognition Today, skor IQ bisa kita ketahui dari hasil tes asesmen yang dilakukan oleh psikolog .



Penelitian menyebutkan bahwa, biasanya 70 persen orang akan memiliki IQ dari 80-120. Sekitar 95 persen orang akan memiliki IQ dari 70-130. Dan orang yang mempunyai IQ tinggi akan mendapatkan skor lebih dari 130.

Berikut 6 tanda-tanda anak cerdas, dan memiliki IQ tinggi:

1. Anak yang lahir dengan berat badan yang besar
Dilansir dari British Medical Journal, yang telah melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 bayi, mengatakan bahwa bayi yang lahir dengan bobot badan yang berat akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki IQ tinggi. Hal ini disebabkan karena bayi yang memiliki berat badan yang besar mendapatkan asupan gizi yang lebih baik daripada bayi lainnya.

2. Cara berkomunikasi
Tanda-tanda anak cerdas dan memiliki IQ tinggi dapat dilihat dari cara mereka berkomunikasi. Sebuah penelitian dari Child Development mengatakan bahwa anak yang dapat berkomunikasi menggunakan lebih dari satu Bahasa dapat memicu perkembangan anak. Bahkan, akan menjadi anak yang cerdas karena dapat membantu otak anak berkembang.



Selain dari kemampuan bahasa yang dikuasai, anak cerdas dan memiliki IQ tinggi cenderung lebih bisa berkomunikasi dengan orang yang lebih dewasa dibanding anak- anak seusianya. Bisa dilihat juga dari cara mereka berbicara, menyimak dan memahami percakapan yang diberikan oleh orang dewasa kepada dirinya.

3. Suka bermain alat musik
Dilansir dari sebuah penelitian yang dilakukan University of Vermont College mengungkapkan bahwa anak-anak yang suka bermain alat musik sejak usia 6 tahun akan memiliki IQ yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan anak-anak yang suka bermain alat musik akan memiliki kemampuan untuk mengatur emosi yang baik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)