5 Tips untuk Kembangkan Potensi yang Mahasiswa Perlu Tahu

Jum'at, 12 November 2021 - 22:44 WIB
loading...
5 Tips untuk Kembangkan Potensi yang Mahasiswa Perlu Tahu
Mahasiswa. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di tengah usia yang mulai menanjak dewasa terkadang mahasiswa kesulitan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Simak tips yang perlu diketahui mahasiswa agar bisa mengembangkan potensi diri sejak di perguruan tinggi.

Bagi mahasiswa yang sudah tahu apa saja potensi di dalam dirinya pasti akan dengan mudah menjalani dunia perkuliahan. Bisa jadi dengan potensinya itu sang mahasiswa bisa meraih prestasi akademik dan juga non akademik di kampus tempatnya menempuh studi.

Baca juga: Inilah 6 Tanda-tanda Anak Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi

Sukses mengembangkan potensi diri di kampus pun akan menjalar ketika dia lulus karena akan mudah meniti karier di masa depan. Lalu, sulitkah mengembangkan potensi diri ketika menjadi mahasiswa, mulai dari mana saja? Merangkum dari laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, Jumat (12/11/2021), berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensimu setelah masuk ke lingkungan universitas.

1. Kenali Dirimu Sendiri

Hal penting yang pertama kali harus dilakukan saat ingin menggali potensi adalah mengenali dirimu sendiri. Cara memulainya cukup mudah. Tanya kepada diri sendiri dan melakukan refleksi mengenai apa yang menjadi tujuan utama selama ini, apa saja yang membuatmu bahagia saat melakukannya, serta apa saja yang justru bisa membuat sedih.

Sebelum bertanya kepada orang lain dan mempertimbangkan pendapat mereka, pastikan jika kalian sudah tahu lebih dulu mengenai segala hal yang berhubungan dengan dirimu sendiri.

2. Cobalah Ide-Ide Baru

Selanjutnya, mulailah untuk mencoba hal-hal baru. Jangan pernah takut gagal dalam mencoba hal baru, dimulai dari mencoba hal yang belum pernah kalian pelajari, mencari hobi dan kegemaran baru, atau terlibat dalam kesibukan yang tidak sempat dilakukan sebelumnya.

Tak hanya mempelajari hal baru dengan tekun, kamu pun bisa berusaha lebih untuk dapat menguasai hal tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (10.55#12.26)