5 UKT Perguruan Tinggi Termahal di Indonesia, Nominal Menguras Kantong

Sabtu, 13 November 2021 - 18:02 WIB
loading...
5 UKT Perguruan Tinggi Termahal di Indonesia, Nominal Menguras Kantong
President University salah satu perguruan tinggi swasta berkurikulum internasional di Indonesia yang mempunyai UKT tertinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beberapa perguruan tinggi di Indonesia menarik Uang Kuliah Tunggal (UKT) cukup tinggi sampai-sampai menguras kantong para orang tua dan mahasiswa. UKT digunakan sebagai sistem pembayaran tiap semester yang harus dibayar mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta atau PTS.

UKT di setiap universitas atau perguruan tinggi di Indonesia memiliki nominal berbeda-beda. Biaya UKT pada PTN telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, dan Kebudayaan (Pemendikbud) No. 55 Tahun 2013. Di mana salah satu isi peraturannya adalah UKT Mahasiswa harus berdasarkan kemampuan ekonominya.



Jadi, Mahasiswa yang masuk PTN jalur regular (SNMPTN dan SBMPTN) di awal akan dimintai beberapa dokumen data pribadi untuk menentukan jenis golongan UKT yang akan dibayar tiap semesternya, sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing mahasiswa.

Untuk PTS, Biaya UKT sudah ditetapkan dari awal sesuai dengan jurusan yang diambil dan kebijakan masing-masing PTS. Di Indonesia, biaya UKT sangat bervariasi, ada kampus yang mempunyai biaya UKT sangat murah sampai sangat mahal.

Berikut perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan UKT mahasiswanya hingga menguras kantong orang tua:

1. President University
President University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta berkurikulum internasional di Indonesia yang mempunyai UKT tertinggi. Universitas ini terletak di daerah Cikarang Baru, Bekasi. Kampus ini mempunyai biaya UKT seluruh jurusan Rp32 Juta.

Selain mempunyai 4 Fakultas yang terdiri dari banyak jurusan, President University mempunyai fasilitas kampus yang sangat lengkap, mulai dari lapangan tenis, lapangan bola, President Executive Club, Jababeka Golf, dan Country Club, kolam renang, berbagai jenis lab, auditorium, dll. Sehingga kampus ini menjadi incara para calon mahasiswa.

Untuk kalian yang ingin masuk President University, tapi masih ragu karena biaya UKT yang sangat tinggi, tidak perlu khawatir loh! President University mempunyai berbagai jenis beasiswa yang bisa kamu ikuti dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, dapat meringankan kamu untuk membayar UKT tiap semesternya.

2. Swiss German University
Universitas ini merupakan universitas kedua yang mempunyai biaya UKT tertinggi di Indonesia. Swiss German University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di daerah Alam Sutera, Tangerang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)