UI Masuk 5 Besar Universitas Terbaik di Asia Tenggara versi THE WUR 2022 By Subject

Rabu, 10 November 2021 - 23:00 WIB
loading...
UI Masuk 5 Besar Universitas Terbaik di Asia Tenggara versi THE WUR 2022 By Subject
Suasana Danau Kenanga Universitas Indonesia. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat satu di tanah air, peringkat 5 di Asia Tenggara, dan peringkat 301-400 di dunia. Pemeringkatan ini berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2022 By Subject untuk rumpun ilmu Arts and Humanities.

Pemeringkatan tersebut diumumkan melalui laman resmi THE World University Rankings https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/by-subject.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Korsel yang Bisa Dicoba para Pecinta K-Pop dan Drakor

Dalam mengukur kinerja perguruan tinggi, THE WUR by Subject 2022 menggunakan indikator yang sama dengan THE WUR 2022. Indikator tersebut telah dikalibrasi untuk menyesuaikan setiap bidang ilmu. THE WUR by Subject 2022 dalam bidang Arts and Humanities melakukan penilaian pemeringkatan berdasarkan lima indikator, yaitu:
1. Industry Income (2,5%)
2. International
3. Outlook (7,5%)
4. Teaching (37,4%)
5. Research (37,6%) dan Citations (15%).

Pada indikator Industry Income, UI berhasil mencapai nilai sempurna (100) yang menjadikannya termasuk ke dalam jajaran lima besar universitas dengan indikator Industry Income tertinggi di dunia.

UI juga merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam kategori THE WUR by Subject 2022 dalam bidang Arts and Humanities.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Tak Ada Matematika, Pas untuk Kalian yang Nggak Suka Hitungan

Atas pencapaian berada pada posisi terbaik di Indonesia tersebut, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro mengaku bangga dan gembira tentunya ketika UI mencapai peringkat satu berdasarkan penilaian beberapa lembaga pemeringkatan, seperti dari THE WUR By Subject ini.

"Sepanjang satu tahun ini, ketika kita semua masih berada dalam situasi keprihatinan akibat pandemi Covid-19, UI tidak surut melakukan berbagai kegiatan terkait Tri Dharma," katanya melalui siaran pers, Rabu (10/11/2021).

"Dedikasi bagi negeri, kami buktikan lewat inovasi dan pengabdian masyarakat, terutama yang kami harap mampu berdampak bagi kita semua. Semua kerja keras tersebut seolah terbayar atas pemeringkatan UI yang hingga November 2021 selalu menjadi yang terbaik," lanjutnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1506 seconds (11.97#12.26)