3.000 Siswa SMA di Jawa Barat Ikuti Olimpiade Siswa Cerdas

Rabu, 17 November 2021 - 10:19 WIB
loading...
3.000 Siswa SMA di Jawa Barat Ikuti Olimpiade Siswa Cerdas
Sebanyak 3.000 siswa SMA/SMK/MA di Jabar mengikuti Olimpiade Siswa Cerdas (OSC).Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Sebanyak 3.000 siswa SMA/SMK/MA dari 353 sekolah di Jawa Barat mengikuti kompetisi Olimpiade Siswa Cerdas (OSC) yang digelar pada 10 hingga 15 November 2021 lalu. Olimpiade yang digelar secara daring menghasilkan tiga pemenang.

Ketiganya adalah Jefta Kenna Shalom Tarigan dari SMAN 3 Bekasi (Juara 1), Christopher Raynard dari SMAS Regina Pacis (Juara 2), dan Alandra Salvira Lim dari SMA Kristen Penabur Cirebon yang meraih juara tiga. Masing masing pemenang mendapatkan hadiah emas, uang tunai, piala, dan sertifikat.



Menurut Officer Senior Manager Business Goverment Enterprise Service (OSM BGES) PT Telkom Regional 3 Jabar Ricka Febriliantina, selaku panitia pihaknya mengapresiasi antusiasme peserta yang ikut mempetisi ini. Bahkan, jumlah peserta yang ikut mencapai 3.000 orang. "Mereka adalah pahlawan kebanggaan dari sekolahnya masing-masing," kata Ricka.

Olimpiade digelar pembelajaran digital Pijar Sekolah, bekerjasama dengan Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) dan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Menurut dia, olimpiade diadakan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam beberapa mata pelajaran seperti PPKN, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Sejarah.



"Rangkaian acara ini dilakukan secara online. Meskipun begitu peserta tetap menggunakan seragam dan membuka kamera selama olimpiade, agar panitia bisa melihat bahwa peserta sedang mengerjakan soal tanpa dibantu orang lain," katanya.

Pijar Sekolah adalah sebuah platform sistem manajemen sekolah di bawah naungan Telkom Indonesia yang dapat membantu sistem pembelajaran digital terpadu yang mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang seru dan menyenangkan.

Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital menarik, mulai dari vuku digital interaktif, buku digital, video pembelajaran, hingga laboratorium maya yang bisa dimanfaatkan semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar.

Tribe Leader of Education PT Telkom Indonesia Djufri Ardian menambahkan, pihaknya menilai semua peserta adalah para pejuang yang berani berkompetisi untuk meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan sikap pantang menyerah. Sikap inilah yang saat ini harusnya dimiliki semua siswa di seluruh Indonesia.

“Olimpiade ini membawa nilai-nilai yang positif bagi sekolah-sekolah di Jawa Barat dan juga menumbuhkan rasa kompetitif di antara pesertanya,” pungkas EVP Telkom Regional 3 Sujito.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6156 seconds (0.1#10.140)