Pembayaran Uang Saku Ribuan Peserta MBKM Terkendala, Nadiem Minta Maaf

Rabu, 17 November 2021 - 23:19 WIB
loading...
Pembayaran Uang Saku Ribuan Peserta MBKM Terkendala, Nadiem Minta Maaf
Kemendikbud bincang-bincang Kampus Merdeka. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) yang memberikan kebebasan mahasiswa untuk melakukan kegiatan di luar kampus alami kendala pembayaran uang saku. Untuk itu, Mendikbudristek pun menyampaikan permintaan maaf secara langsung.

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi ( Diktiristek ) Kemendikbud Nizam mengapresiasi semangat mahasiswa yang saat ini menjalani program MBKM meski, katanya, ada pembayaran uang saku ataupun pembiayaan uang transport yang mengalami keterlambatan.



Menurut Nizam, MBKM sebagai program yang baru dan revolusioner tentu tidak mudah untuk mengimplementasikan dan menggerakkan puluhan ribu mahasiswa dengan pendanaan yang dilakukan silang antara LPDP dan Kemendikbud.

“Sehingga pada kesempatan ini saya menyampaikan permohonan maaf kepada adik-adik yang terlambat pembayaran uang sakunya, pembiayaan uang transport dan sebagainya tetapi yakinlah kita semua bekerja keras untuk segera mewujudkannya,” katanya pada Bincang-Bincang Kampus Merdeka secara daring, Rabu (17/11/2021).

Meski ada keterlambatan pembayaran, ucapnya, Kemendikbudristek ingin sesegera mungkin memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan diri dan juga kompetensinya secara merdeka melalui MBKM.

“Saya harap pengalaman yang diperoleh bisa bermanfaat bagi kesiapan mahasiswa untuk membangun masa depan yang jaya,” ujarnya.



Sementara Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, MBKM merupakan program yang pertama kali diluncurkan di Indonesia dalam skala yang begitu besar. Selain itu juga, katanya, program ini merupakan yang pertama kali memberikan kesempatan mahasiswa boleh mengambil kegiatan diluar kampus, mendapat kredit SKS dan juga mendapat gaji sehingga untuk mewujudkannya di lapangan itu tidak semudah yang dibayangkan.

Oleh karena itu, ujarnya, dia mengerti jika ada yang mengajukan komplain atas ketidaksempurnaan yang terjadi di lapangan. “Seperti Pak Nizam bilang kita mohon maaf jika tidak sempurna. Tapi tidak akan sempurna jika kita tidak melakukan perubahan. Setiap semester kita sempurnakan lebih lagi dan ini akan selalu menjadi proses yang terus berjalan. Jadi mohon pengertian dan kesabaran,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)