6 Tips Mendapat IPK Tinggi, Mahasiswa Wajib Tahu

Senin, 22 November 2021 - 10:40 WIB
loading...
6 Tips Mendapat IPK Tinggi, Mahasiswa Wajib Tahu
Tips mendapat IPK tinggi yang wajib mahasiswa ketahui untuk dapat lulus dengan hasil yang memuaskan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tips mendapat IPK tinggi yang wajib mahasiswa ketahui untuk dapat lulus dengan hasil yang memuaskan. Tidak bisa dipungkiri bahwa IPK menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam menempuh pendidikan kuliahnya. IPK merupakan Indeks Prestasi Kumulatif yang menjadi hasil penggabungan nilai dari semester 1 sampai semester akhir.

Mahasiswa berlomba-lomba memperoleh IPK yang tinggi untuk menjadi lulusan terbaik atau sering disebut cumlaude. Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan IPK tinggi sebagai salah satu syarat penerimaan untuk calon karyawan.



Memperoleh IPK yang tinggi bukan suatu hal yang gampang tapi bukan suatu hal yang mustahil juga untuk diperoleh. Asal ada usaha, dan kemauan kamu pasti bisa memperoleh IPK yang tinggi.

Berikut Tips mendapat IPK tinggi yang wajib mahasiswa ketahui untuk memperoleh hasil yang memuaskan pada saat kelulusan:

1. Memperhatikan penilaian melalui bobot SKS
Pada saat pengisian SKS, kamu perlu memperhatikan bobot SKS dari setiap mata kuliah yang kamu ambil. Bobot SKS yang tinggi seperti 3/4, kamu usahakan untuk dapat memperoleh nilai A atau B dalam mata kuliah tersebut. Karena SKS yang mempunyai bobot tertinggi paling berpengaruh terhadap besaran IPK yang akan kamu peroleh.

2. Memperhatikan standar penilaian
Dari semester awal, mahasiswa perlu mengamati serta memperhatikan standar penilaian di setiap mata kuliah yang diajar oleh masing-masing dosen. Standar penilaian biasanya digunakan sebagai kriteria mekanisme penilaian yang dilakukan oleh dosen terhadap mahasiswa.

Berbagai tugas, kuis, ujian yang dikerjakan oleh mahasiswa harus sesuai dengan standar penilaian yang diberikan oleh dosen. Seperti memenuhi beberapa prosuder, mekanisme yang diinginkan oleh dosen.

3. Aktif dalam pembelajaran di kelas
Untuk memperoleh IPK yang tinggi, salah satu cara mudahnya adalah dengan aktif di kelas. Biasanya dosen akan melihat mahasiswa-mahasiswi yang aktif pada saat jam pembelajaran, dan akan memberikan nilai tambahan yang dapat membantu IPK kamu menjadi tinggi.

4. Mengumpulkan tugas sesuai deadline yang telah ditentukan
Salah satu yang menjadi permasalahan mahasiswa pada saat mengerjakan tugas adalah seringnya lupa dengan deadline yang diberikan, dan menganggap spele sehingga sering telat pada saat waktu pengumpulan tugas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)