Mengenal Jurusan Cyber Security dan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Selasa, 23 November 2021 - 00:23 WIB
Mengenal Jurusan Cyber Security dan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan
Cyber security ini penting untuk memberikan perlindungan data, sistem, jaringan dan program dari serangan digital. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dampak dari perkembangan di era digital ini bagaikan dua sisi mata uang. Perubahan era digital memang menumbuhkan inovasi baru dibidang teknologi namun dampak lainnya adalah adanya serangan digital. Cyber security ini penting untuk menanggulangi dampak negatif tersebut dengan memberikan perlindungan data, sistem, jaringan dan program dari serangan digital.

Pentingnya SDM di bidang cyber security inilah yang sering dicari perusahaan untuk melindunginya dari serangan yang bisa mengakses informasi sensitive ataupun menghancurkan data yang penting.

Baca juga: Sederet Profesor Asal Indonesia Mengajar di Universitas Dunia, Nomor 2 Suami Tsamara

Melansir laman resmi Bina Nusantara University di binus.ac.id, Senin (22/11/2021), Binus menjadi salah satu kampus yang membuka jurusan ini di Indonesia.



Lalu, bagaimana keahlian lulusan yang diharapkan setelah mempelajari jurusan yang berkontribusi menyediakan sistem keamanan siber disebuah perusahaan ini? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Memiliki Pengetahuan dan Keahlian di Bidang Cyber Security
Para mahasiswa yang belajar di jurusan Cyber Security akan memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam mengembangkan software, khususnya yang berkaitan dengan ethical hacking, cyber defense, dan cyber forensic. Caranya adalah dengan menyediakan fasilitas lengkap serta memungkinkan penelitian serta kolaborasi.

Baca juga: Hebat dan Inspiratif, Inilah 6 Rektor Perempuan dari PTN Paling Berpengaruh

2. Dapat Memecahkan Masalah IT
Cyber Security sebagai jurusan di Binus juga mempersiapkan mahasiswanya untuk menghadapi masalah yang terjadi. Bagian pekerjaan seseorang yang menekuni profesi ini memang tak bisa dilepaskan dari masalah. Penyelesaian masalah yang dimaksud bukan hanya secara individu, tetapi juga dalam tim.

3. Selalu Mengetahui Tren Cyber Security Terbaru
Teknologi cyber security berkembang dengan sangat pesat. Meskipun demikian, ada saja yang bisa menemukan celah untuk melakukan serangan terhadap sistem. Hal-hal seperti ini perlu diantisipasi oleh pekerja di bidang cyber security. Oleh karena itu, kampus ini membekali mahasiswanya dengan informasi terbaru tentang tren dan perkembangan di industri ini.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2222 seconds (11.210#12.26)