Tim Pelajar Indonesia Raih 5 Medali pada Kompetisi Astronomi Internasional

Selasa, 23 November 2021 - 12:30 WIB
Tim Pelajar Indonesia Raih 5 Medali pada Kompetisi Astronomi Internasional
Tim Indonesia Raih 5 Medali pada IOAA Ke-14 di Colombia. Foto/Dok Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Lima siswa terbaik Indonesia berhasil mengharumkan nama bangsa pada International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) ke-14 tahun 2021. Mereka meraih satu medali perak dan empat medali perunggu.

Medali perak berhasil diraih oleh Andrew Christoffer Prawiro. Sementara itu, empat medali perunggu diraih oleh Hafizh Renanto Akhmad, Jonwin Fidelis, Muhammad Sultan Hafiz, dan Nazal Rhinta Hawari.

Baca juga: Hebat, Mahasiswa Kakak Beradik Ini Juarai Olimpiade Akuntansi Tingkat Nasional

“Mudah-mudahan menjadi bekal pengalaman dan menjadi inspirasi untuk bidang lainnya. Adik-adik dapat membuktikan bahwa kita dapat terus berprestasi dalam keadaan apapun termasuk dalam situasi pandemi seperti ini,” ujar Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek Asep Sukmayadi melalui siaran pers, Selasa (23/11/2021).



Melalui tambahan 5 medali ini, Puspresnas telah berhasil mengumpulkan 70 medali pada berbagai bidang olimpiade tingkat internasional dari seluruh jenjang. “Semoga menjadi berkah dan motivasi untuk kita semua,” katanya.

IOAA ke-14 dilaksanakan secara daring pada 14 hingga 21 November 2021 dengan Colombia sebagai tuan rumah dan diikuti oleh 298 siswa dari 48 negara.

Baca juga: Sederet Profesor Asal Indonesia Mengajar di Universitas Dunia, Nomor 2 Suami Tsamara

IOAA merupakan kompetisi sains tingkat internasional di bidang astronomi yang diselenggarakan setiap tahun. IOAA ke-15 akan dilaksanakan di Ukraina pada 12-21 Agustus 2022.

Tim Indonesia sendiri melibatkan sembilan orang delegasi yang terdiri dari lima orang peserta, dua orang tim leader, dan dua orang supervisor.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2141 seconds (11.252#12.26)