Ini 7 Tips Agar Siswa Bisa Konsentrasi Belajar

Rabu, 24 November 2021 - 13:09 WIB
loading...
Ini 7 Tips Agar Siswa Bisa Konsentrasi Belajar
Seorang siswa Sekolah Dasar Islam Al Azhar 46 Grand Depok City (GDC) belajar buku antariksa bersama adiknya yang masih duduk di PAUD. Foto/Purwadi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Untuk mendapat nilai bagus atau ketika sedang mengerjakan tugas diperlukan konsentrasi belajar namun kadang tidak semua pelajar atau mahasiswa bisa fokus konsentrasi. Ada saja distraksinya sehingga proses belajar pun terganggu.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, dinamika belajar pun berubah di mana proses belajar lebih banyak dilakukan di rumah dengan mengandalkan teknologi. Kadang sinyal internet yang turun naik membuat rusak mood belajar atau karena kebanyakan di rumah malah membuat bosan sehingga tidak mau meneruskan belajar.



Bagi siswa yang akan mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) harus konsentrasi belajar agar nilai yang diraih memuaskan. Lalu, bagaimana agar proses belajar bisa berjalan tenang dan maksimal? Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Rabu (24/11/2021), simak tips-tips berikut ini agar bisa lebih konsentrasi dalam belajar.

1. Pilih tempat yang sesuai untuk belajar
Sebelum mulai belajar, pilihlah tempat belajar yang menurutmu paling nyaman. Jika gampang terdistraksi dengan sesuatu maka pilih ruang yang jauh dari gangguan seperti di dalam kamar. Pastikan juga kamarnya ada penerangan atau pencahayaan yang baik agar tidak mengganggu penglihatan.

Jangan lupa pastikan kembali sinyal internet untuk mengunggah, mengunduh atau menonton materi pembelajaran yang harus ditonton online.



2. Tidak membuka sosial media atau game saat belajar
Peringatan kepada diri sendiri agar tidak membuka sosial media atau game saat belajar itu penting sekali agar konsentrasi belajar meningkat. Tidak hanya saat belajar, namun tidak membuka sosmed atau ngegame saat istirahat pun sebaiknya jangan dilakukan karena ujung-ujungnya pasti akan lupa waktu karena keasikan main gawai daripada belajar. Lebih baik lagi, matikan dulu sosmed ketika belajar dan aktifkan lagi ketika selesai belajar.

3. Rapikan meja atau area belajarmu
Ruang belajar yang bersih dan rapi dan meja belajar yang tidak sumpek bisa meningkatkan mood belajar. Agar ada ruang cukup, pindahkan barang yang tidak dibutuhkan ketika proses belajar berlangsung.

Pastikan juga semua perlengkapan belajar yang dibutuhkan telah tersedia. Perlengkapan menulis, charger laptop dan ponsel pastikan sudah tersedia agar konsentrasi tidak buyar hanya karena mencari charger dulu.

4. Pilih waktu dan metode belajar yang cocok
Setiap orang pasti punya metode belajarnya masing-masing. Maka pastikan dulu seperti apa metode belajar yang paling pas untuk dijalani. Misalnya, jika kamu sulit mengingat istilah-istilah atau poin-poin penting dalam suatu materi, buatlah rangkuman materi di kertas kecil (sticky notes) agar bisa ditempel dan dibaca berulang-ulang. Dengan menentukan metode belajar yang pas, otomatis akan lebih mudah memahami suatu materi. Alhasil, kegiatan belajar juga jadi lebih fokus dan efektif.

Selain metode belajar, waktu untuk belajar juga berpengaruh, loh. Pilih waktu belajar yang membuat berkonsentrasi secara penuh. Nah, kalau yang suka belajar sambil mendengarkan music maka pilih beberapa lagu yang dapat meningkatkan mood atau konsentrasi belajar.

5. Tentukan batas waktu belajar
Nah, belajar juga ada batasnya. Jangan karena ambisius ingin mendapat nilai sempurna di ujian nanti belajarnya jadi tak mengenal waktu. Ujung-ujungnya, bukannya dapat nilai bagus, tapi malah jadi sakit dan tidak bisa ikut ujian gara-gara kelelahan belajar.

Maka kamu harus menentukan batas waktu belajarmu. Jangan kelamaan, juga jangan terlalu sebentar. Misalnya, bisa pilih waktu belajar selama 2 jam. Dalam waktu 2 jam itu, kamu nggak harus fokus belajar terus menerus. Kamu bisa kasih waktu istirahat atau jeda, satu sampai dua kali sekitar 5-10 menit. Ingat! Jangan kelamaan, ya. Ini hanya untuk meregangkan badan dan mengistirahatkan mata aja. Dengan adanya waktu istirahat ini, pikiran kamu dapat kembali rileks dan fokus kembali.

6. Buat daftar target belajar
Ini bisa berisi target-target yang ingin dicapai saat belajar nanti. Misalnya, hari ini kamu belajar Biologi. Kamu bisa membuat target, hari ini kamu harus sudah paham dengan materi Biologi di BAB 1. Nah, biasanya, dengan adanya target itu, kamu jadi bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Usahakan, target yang kamu buat itu sesuai dengan kapasitas belajarmu, ya. Jangan terlalu dipaksakan juga.

7. Istirahat dan makan yang cukup
Tips yang terakhir adalah istirahat dan makan yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, otak dan tubuh akan jauh lebih fresh untuk belajar dan akan lebih mudah untuk berkonsentrasi selama belajar. Selain itu imbangi juga dengan makan yang cukup dan diusahakan makan sebelum belajar. Supaya saat waktunya belajar nanti, kamu nggak kelaparan yang akhirnya mengganggu konsentrasi belajarmu. Istirahat dan makan yang cukup juga membuat kesehatanmu terjaga. Apalagi jika momennya ingin ujian seperti sekarang ini.

Oke, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap fokus dan berkonsentrasi selama belajar. Ingat, ya! Jangan biasakan diri untuk belajar SKS (Sistem Kebut Semalam) karena itu nggak baik untuk otak dan kesehatan. Hasilnya juga nggak akan maksimal nantinya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8164 seconds (0.1#10.140)