HGN 2021, Nadiem Janjikan Hal Ini kepada Guru Honorer Tahun Depan

Kamis, 25 November 2021 - 18:19 WIB
HGN 2021, Nadiem Janjikan Hal Ini kepada Guru Honorer Tahun Depan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, tahun depan akan meluncurkan berbagai program untuk para guru di Indonesia, khususnya buat guru honorer.

Menurut Nadiem, pemerintah tahun depan akan terus mendorong rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( PPPK ) untuk memastikan semua guru honorer bisa mengikuti tes seleksi dan yang lolos mendapatkan formasi sehingga guru honorer pun bisa lebih sejahtera.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2021, Mendikbudristek: Semangat Guru Tak Padam Saat Pandemi

"Itu sudah pasti prioritas pertama kita karena kalau tidak bisa menafkahi keluarga bagaimana bisa berkualitas," kata Mendikbudristek pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional 2021 yang digelar luring dan daring, Kamis (25/11/2021).



Program kedua, lanjut Nadiem, Kemendikbudristek akan meluncurkan berbagai macam platform teknologi yang akan meningkatkan kualitas dan mutu guru.

Menurutnya, Kemendikbudristek tidak hanya akan memberikan laptop ataupun projektor namun akan memberikan berbagai pelatihan online yang bisa diikuti guru secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. "Tidak hanya belajar teori doang. Yang relevan dan praktis. Itu kuncinya," ujarnya.

Baca juga: Komisi X DPR Akui Proses Penerimaan Satu Juta Guru PPK Rumit

Selain itu, jelasnya, Kemendikbudristek akan menawarkan kurikulum yang jauh lebih merdeka bagi guru. Kurikulum yang bisa lebih dimengerti guru itu, katanya, saat ini sedang diujicoba di sekolah-sekolah penggerak.

Menurutnya, kurikulum yang akan ditawarkan tahun depan itu bukan karena setiap ganti menteri ganti kurikulum. Namun kurikulum yang diberikan itu adalah kurikulum yang memberikan kemerdekaan kembali kepada guru.

Dia menjelaskan, kurikulum itu akan jauh lebih fleksibel sehingga guru boleh mengadaptasi sesuai kebutuhan dan kemampuan murid-muridnya. Selain itu memberi kesempatan guru berkreasi dan berinovasi sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih mudah.

"Jadi banyak hal yang pasti akan menarik tahun depan. Jadi tunggu, sabar," pungkas Nadiem.
(mpw)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2081 seconds (11.210#12.26)