Ketua DPR: Kualitas Pendidikan di Indonesia Kunci Kemajuan Bangsa

Rabu, 24 November 2021 - 10:04 WIB
loading...
Ketua DPR: Kualitas Pendidikan di Indonesia Kunci Kemajuan Bangsa
Ketua DPR Puan Maharani. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dosen Komunikasi Universitas Bung Karno Tri Okta Sulfa Kimiawan menyambut positif langkah Ketua DPR Puan Maharani yang berjanji akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sebab, salah satu kunci kemajuan bangsa Indonesia adalah mutu pendidikan yang merata di seluruh Tanah Air.

Menurut Tri Okta, peningkatan pendidikan bagi generasi muda Indonesia merupakan hal penting yang harus diperjuangkan demi pembangunan bangsa yang lebih baik. Tanpa pendidikan yang merata dan bermutu tinggi, Indonesia tidak akan memiliki SDM unggul di tengah persaingan dunia yang makin kompetitif.



"Saya sangat mendukung upaya Bu Puan Maharani selaku Ketua DPR yang akan meningkatkan mutu pendidikan generasi muda Indonesia melalui kebijakan-kebijakannya selaku pejabat publik. Dukungan Ketua DPR pada dunia pendidikan akan meningkatkan berdampak positif bagi kualitas pendidikan Indonesia kedepan," terangnya.

Dia meyakini, hanya dengan pendidikan nasional yang bermutu atau berkualitas tinggi dan merata secara nasional, negara Indonesia dapat mencapai kemajuan. Termasuk peningkatan SDM yang mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk menghadapi tantangan global.

Ketahanan dan kekuatan suatu bangsa terletak pada bidang pendidikan yang unggul. Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa, sebab tidak ada bangsa yang maju yang tidak didukung pendidikan yang kuat. Jika ingin menjadi negara yang kuat, maju dan disegani dunia internasional, maka Indonesia harus menjadikan pendidikan sebagai bidang unggulan.



Akademisi ini berharap Indonesia bisa memperkuat kesadaran akan pendidikan. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan Kemendikbudristek, diarahkan untuk menjawab tantangan-tantangan dan kebutuhan masa depan. "Paradigma pendidikan harus dibangun jauh ke depan, harus mampu mengamati dan memecahkan persoalan dan tantangan yang akan dihadapi ke depan," katanya.

Ketua DPR Puan Maharani menekankan pentingnya pendidikan, khususnya perguruan tinggi dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang adaptif dengan perkembangan teknologi.SDM yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dibutuhkan Indonesia untuk menghadapi tantangan global.

"Pemerataan kualitas SDM antarwilayah di Indonesia, antara wilayah timur dan barat, harus menjadi perhatian guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan pemerataan pendidikan, Indonesia akan lebih maju di kancah global," terang Puan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)