Jurusan Animasi, Prodi yang Punya Potensi Besar di Industri Kreatif

Senin, 29 November 2021 - 11:59 WIB
loading...
Jurusan Animasi, Prodi yang Punya Potensi Besar di Industri Kreatif
Jurusan Animasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan di perguruan tinggi bisa dipilih dari hobi ataupun minat tinggi akan sesuatu. Misalnya, jika termasuk penggemar berat film animasi atau game dengan visual animasi yang keren maka jurusan animasi bisa dipilih untuk memperdalam ilmu dari hobi itu sendiri. Lulusannya pun memiliki prospek kerja luas di industri kreatif masa depan.

Animasi sendiri merupakan pekerjaan yang akan dibutuhkan di masa depan. Jurusan yang menuntut kreativitas dan ide-ide baru ini tidak terbatas hanya akan diserap di industri animasi saja. Namun sebagai lulusan program studi animasi, ada kesempatan-kesempatan lain yang akan menanti.

Baca juga: 5 Tips untuk Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Seperti menjadi motion designer, illustrator, produser film, sutradara, dan pekerjaan kreatif lainnya. Industri teknologi saat ini juga banyak yang membutuhkan keahlian seorang animator, mulai dari membuat desain antarmuka aplikasi, karakter, dan lain sebagainya.

Melansir laman ruangguru.com, Sabtu (27/11/2021), secara sederhana, animasi itu merupakan gambar bergerak yang terbentuk dari kumpulan gambar yang disusun secara berurutan.

Ketika gambar yang disusun tadi digeser satu persatu, akan memunculkan semacam efek gerakan dari objek dalam gambar itu sendiri. Sehingga terjadilah sebuah animasi gambar bergerak atau yang sering kita dengar sebagai kartun.



Baca juga: Calon Mahasiswa Harus Tahu, Ini 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Karena berhubungan dengan gambar dan cerita tertentu, sudah pasti proses pengerjaan animasi merupakan proses kreatif, dengan sentuhan teknologi. Proses kreatif dibutuhkan agar ide dari sebuah animasi menjadi unik dan selalu bisa dikembangkan, sedangkan faktor teknologi akan menentukan bagaimana hasil dari animasi dapat menarik secara visual.

Peminatan Program Studi Animasi
Seperti disiplin ilmu lain yang akan terus berkembang, animasi kini menjadi suatu program studi yang memiliki dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1227 seconds (10.55#12.26)