KIHAJAR 2021 Kemendikbudristek Jadi Ajang Apresiasi Guru dan Siswa Pegiat TIK

Senin, 29 November 2021 - 21:28 WIB
loading...
KIHAJAR 2021 Kemendikbudristek Jadi Ajang Apresiasi Guru dan Siswa Pegiat TIK
Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Muhamad Hasan Chabibie. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pusat Data dan Informasi ( Pusdatin ) Kemendikbudristek telah menggelar Malam Anugerah KIHAJAR 2021 yang menjadi puncak apresiasi sejumlah kegiatan dan kompetensi pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek Muhamad Hasan Chabibie mengakui, Program KIHAJAR terbuka bagi seluruh peserta didik, guru, mahasiswa, dan umum di seluruh Indonesia yang peduli pendidikan.



“Semoga ikhtiar ini mampu menjadi penjaga nyala api belajar dan menumbuhkan inovasi dan kreativitas pendidikan,” ucap Hasan melalui siaran pers, Senin (29/11/2021).

Dijelaskan Hasan, tantangan pembelajaran ke depan akan semakin besar. Maka pendayagunaan teknologi informasi di dunia pendidikan diharapkan bisa makin optimal, seiring pembelajaran hibrida antara tatap muka terbatas dan jarak jauh akan berjalan.

Hasan mengatakan, KIHAJAR adalah wadah eksplorasi digital bagi siswa seluruh jenjang lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, pendayagunaan TIK, dan pendidikan karakter.



“KIHAJAR hadir untuk memberi ruang kemerdekaan bagi siswa dan guru dalam proses belajar agar lebih menyenangkan dan maksimal,” tutur Hasan.

Menurutnya, aktivitas ini selaras dengan semangat Mendikbudristek di mana guru belajar hal baru tentang teknologi dan dapat memperoleh akses dan pelatihan yang praktis dan relevan menjawab kebutuhan pembelajaran abad 21.

“Ini bagian ikhtiar kita menjaga nyala api pembelajaran dengan menghadirkan konten digital yang bisa diakses guru-guru kita,” tutur Hasan.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengucapkan selamat kepada para pemenang dan memberikan apresiasi kepada Duta Rumah Belajar 2021 serta jawara Belajar.ID yang telah memanfaatkan akun pembelajaran.

“Saya harap, upaya terbaik yang diberikan para pemenang bisa berdampak besar pada pendidikan Indonesia dan masa depan bangsa,” ucap Suharti.

Lomba KIHAJAR STEM 2021 merupakan wadah eksplorasi peserta didik di satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK/ sederajat dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, penyelesaian masalah atau proyek berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math) dengan memanfaatkan TIK.

Pelaksanaan KIHAJAR STEM 2021 mengangkat tema “Serentak Bergerak Mewujudkan Merdeka Belajar”.

KIHAJAR STEM 2021 telah berlangsung berhasil diikuti 10.038 tim. Sebanyak 7.530 tim lolos pada tahap dasar, dan kemudian 1.889 lolos pada tahap menengah. Akhirnya, sebanyak 388 tim lolos mengikuti tahap final. Terdapat 20 pemenang KIHAJAR STEM dengan masing-masing lima pemenang per jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Selain itu, Pusdatin juga menggelar Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK), yaitu program peningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja yang ditetapkan UNESCO.

PembaTIK tahun ini diikuti 80 ribu guru hingga terseleksi 1.020 guru per provinsi yang mengikuti tahap menengah. Setelahnya, berhasil ditetapkan 34 guru terbaik dari 34 provinsi sebagai Duta Rumah Belajar 2021.

Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK (MembaTIK), ajang membuat media pembelajaran berbasis TIK bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum. Terdapat 341 konten yang diunggah peserta yang telah diseleksi menjadi 40 karya finalis oleh Pusdatin.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)