Daftar Fakultas Kedokteran Undip, Ini 5 Beasiswa yang Siap Mendanai

Jum'at, 03 Desember 2021 - 22:47 WIB
loading...
Daftar Fakultas Kedokteran Undip, Ini 5 Beasiswa yang Siap Mendanai
Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/Undip
A A A
JAKARTA - Beasiswa Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) banyak dicari mahasiswa karena dapat memberikan banyak manfaat terutama untuk membantu pembiayaan pendidikan. Seperti diketahui, untuk menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Undip tidaklah mudah dan memerlukan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang mencari tahu tentang informasi beasiswa yang bisa didapat terutama di Kedokteran Undip. Kabar baiknya, beasiswa bagi mahasiswa Kedokteran Undip terbuka sangat lebar. Informasi beasiswa juga dapat dengan mudah diperoleh mahasiswa di akun resmi Undip.



Dilansir dari laman resmi FK Undip, bak.undip.ac.id, berikut beberapa beasiswa yang bisa didapatkan mahasiswa kedokteran Undip.

1. Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat
Program beasiswa ini merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat (YPKKAR) kepada sejumlah perguruan tinggi yang sudah ditentukan. Salah satu perguruan tinggi yang berkesempatan mendapatkan beasiswa ini yakni Undip (Universitas Diponegoro).

Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa Undip khususnya mahasiswa jurusan kedokteran. Beasiswa yang diperoleh nantinya yakni sebesar Rp 750.000 per bulan dan akan diberikan langsung tiap 3 bulan/triwulan di muka melalui masing-masing perguruan tinggi. Adapun kelanjutan pemberian beasiswa tergantung pada prestasi mahasiswa di semester yang sedang berjalan.

2. Beasiswa Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia
Selanjutnya ada pula beasiswa YBM Smart Scholarship bagi mahasiswa kedokteran Undip. Beasiswa YBM BRI ini merupakan salah satu program pemberdayaan dana zakat pendidikan yang bertujuan menunjang kegiatan akademik, guna menghasilkan SDM yang unggul, berkarakter, berkompetensi, dan berdaya saing.

Tunjangan beasiswa yang akan diberikan dan dapat diperoleh mahasiswa yakni tunjangan prestasi, dapat memperoleh pembinaan dan penguatan soft skill secara berkala serta peluang seleksi Beasiswa Cerah Jalur Afirmasi lainnya.

3. Beasiswa TNI (Tentara Nasional Indonesia)
Berkenaan dengan surat Permohonan Bantuan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI, Mabes TNI membuka dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa kedokteran Undip (Universitas Diponegoro).

Tak hanya dapat beasiswa tunjangan bulanan sebagai mahasiswa, kalian juga berpeluang untuk menjadi calon Perwira Karier (Pa PK) TNI.

4. Beasiswa Pertamina Foundation
Program Beasiswa PF Prestasi merupakan program lanjutan dari beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina. Sumber pendaanaan program ini berasal dari pemanfaatan dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina (persero) yang dikelola oleh Pertamina Foundation.

Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi terdiri dari tiga jenis, yaitu Beasiswa PF Prestasi Reguler, Beasiswa PF Prestasi Khusus, dan program Beasiswa PF Prestasi Khusus Indonesia Timur.

Adapun fasilitas yang akan didapatkan para penerima program Beasiswa PF Prestasi yakni bantuan UKT maksimal sebesar Rp5.000.000/semester dan bantuan biaya hidup bulanan sebesar Rp500.000.

5. Beasiswa Bank Indonesia
Program Beasiswa Bank Indonesia sudah dimulai sejak 2011, ditujukan untuk mahasiswa/i jenjang S1, sejak 2020 terdapat perluasan beasiswa ke jenjang D3. Kemudian, pada 2021, kembali diperluas ke jenjang D4 untuk PTN, PTS, dan Politeknik yang memiliki Perjanjian Kerjasama dengan Bank Indonesia.

Beasiswa Bank Indonesia ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa kedokteran Undip di tahun selanjutnya. Selain itu, beasiswa tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup.

Beasiswa Bank Indonesia terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Regular. Beberapa perbedaan di antara keduanya yaitu perbedaan persyaratan dan nominal bantuan yang diberikan kepada penerima beasiswa.

Beasiswa Skema Unggulan (mendapatkan beasiswa Rp1.500.000, per bulan). Sedangkan untuk Beasiswa Skema Reguler (mendapatkan beasiswa Rp1.000.000, per bulan).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)