Kemendikbudristek-Google Ajak Mahasiswa Jadi Talenta Digital di Bangkit 2022

Senin, 06 Desember 2021 - 22:25 WIB
loading...
Kemendikbudristek-Google Ajak Mahasiswa Jadi Talenta Digital di Bangkit 2022
Program Bangkit 2022. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) berkolaborasi dengan Google berkomitmen menghadirkan kembali Program Bangkit pada 2022 mendatang. Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa S1 maupun D4.

Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam mengapresiasi upaya Google yang didukung GoTo, Traveloka, dan Deeptech ini guna mencetak talenta-talenta digital yang siap menghadapi tantangan masa depan, berinovasi, dan meniti karier berbasis teknologi.



“Bangkit 2022 akan menjadi sarana untuk mencetak talenta-talenta digital Indonesia yang mampu memahami, menguasai, dan memanfaatkan teknologi. Tidak hanya sekedar menjadi pengguna, namun Indonesia pun mampu berperan aktif dalam menciptakan teknologi itu sendiri," katanya pada taklimat media daring, Senin (6/12/2021).

Dia mengatakan, melalui Bangkit 2022 mahasiswa akan diajak untuk mendalami Machine Learning, Mobile Development, dan Cloud Computing. Kemampuan berbasis teknologi ini, katanya, sangat diperlukan di masa depan. Ini selaras dengan program pemerintah mewujudkan 15 juta talenta digital pada 2035.

Nizam melihat adanya potensi pada project berkelanjutan yang dilakukan oleh Bangkit bersama Google menjadi sebuah aplikasi yang dapat dikembangkan kembali.



Lebih lanjut Nizam mengatakan, ada sekitar 500 project yang dihasilkan oleh mahasiswa. Kemudian dari 500 aplikasi tersebut diseleksi 15 terbaik dan 15 terbaik tersebut kemudian mendapatkan pendanaan kolaborasi antara Google dengan Kedaireka.

Pada kesempatan yang sama, Head of Brand Marketing Google Muriel Makarim menguraikan, Bangkit merupakan program kesiapan karier yang didesain sejak 2019 oleh Google dan didukung sepenuhnya oleh GoTo dan Traveloka sebagai founding partner. Program ini menjawab kesenjangan talenta di perusahaan teknologi di Indonesia.

Bangkit didesain untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan, baik dari aspek teknologi maupun soft skills, guna menunjang karier dan menciptakan inovasi di perusahaan teknologi kelas dunia dan perusahaan rintisan Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)