4 Tips Bikin Portofolio Keren untuk Melamar Kerja

Selasa, 07 Desember 2021 - 17:45 WIB
loading...
4 Tips Bikin Portofolio Keren untuk Melamar Kerja
Wawancara kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Satu masa dalam hidup telah terlewati oleh mahasiswa ketika usai menjalani proses wisuda. Masa-masa perkuliahan yang penuh perjuangan menempuh ilmu kini akan digantikan dengan fase mencari kerja. Selain mencari informasi kerja pastikan juga membuat portofolio yang bagus agar HRD tertarik untuk memanggil wawancara.

Curriculum vitae (CV) dan portofolio itu biasa dikirim bersamaan saat mencari kerja di suatu perusahaan. Untuk tahap awal, pastikan dulu portofolio yang dibuat dan dikirim itu sesuai dengan perusahaan yang dituju.



Portfolio merupakan sekumpulan karya atau proyek yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Jika kamu fresh graduate dan kamu memiliki banyak kegiatan organisasi atau karya selama kuliah, tambahkan pengalaman itu kedalam isi portofolio.

Namun, portfolio umumnya digunakan oleh orang-orang yang memang bekerja sebagai pengembang atau di dunia kreatif seperti web developer, penulis, editor, graphic designer, script writer, dan pekerjaan lainnya.

Melansir laman Go Kampus di gokampus.com, untuk membuat portofolio kerja yang menarik ada 4 tips yang bisa disimak.

1. Cantumkan capaian hasil kerja
Tips pertama adalah harus mencantumkan hasil kerja yang telah dibuat selama ini. Perbanyak menggunakan visual dibandingkan tulisan karena visual akan lebih menarik perhatian recruiter dibandingkan tulisan yang serba panjang.

Jangan lupa untuk mencantumkan hasil karya yang paling baru dan lengkap beserta tahun pembuatannya. Selain itu bisa juga menambahkan foto-foto secara profesional saat proses produksi membuat karya tersebut.

2. Cantumkan skill yang dimiliki
Tentunya skill merupakan hal utama yang dicari oleh perusahaan di era saat ini guys. Semakin banyak skill yang dimiliki, maka potensi semakin dicari oleh perusahaan akan semakin besar. Buat skill yang dilampirkan di portofolio secara jelas dan detail.

3. Buat portofolio secara ringkas dan jelas
Sama halnya dengan CV dan resume, kalian juga harus membuat portofolio kerja secara ringkas dan jelas. Meski begitu, portofolio yang dibuat harus tersusun rapi agar dapat lebih mudah dibaca dan dianalisa oleh pihak perusahaan.

4. Buat portofolio di situs online
Biasanya kebanyakan orang-orang membuat portofolio dengan format PDF, tapi sebenarnya pelamar kerja juga bisa membuat portofolio melalui situs online seperti blog, website, youtube, media sosial, dan lainnya.

4 tips untuk membuat portofolio yang bagus untuk melamar pekerjaan sudah disajikan, semoga sukses dalam mencari kerja ya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)