Tertarik Masuk Jurusan Ilmu Komputer? Ini 5 Keunggulannya

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:32 WIB
loading...
Tertarik Masuk Jurusan Ilmu Komputer? Ini 5 Keunggulannya
Jurusan Ilmu Komputer. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Memasuki era digital seperti saat ini menjadikan program studi Ilmu Komputer atau Computer Science memiliki banyak peminat di kalangan generasi muda. Selain bisa tetap aktual dengan zaman, pengetahuan di bidang ini akan memudahkan kita dalam memahami berbagai teknologi baru yang ada di dunia ini.

Jurusan ini tidak hanya mempelajari jaringan komputer , namun juga mahasiswanya akan mendapatkan ilmu baru mengenai rekayasa perangkat lunak, pemrograman sistem, digitalisasi kecerdasan buatan, analisis numeric, desain dan juga analisa algoritma.



Beberapa hal lain terkait teknologi juga akan dipelajari di jurusan ini yang tidak akan ditemui di jurusan lain. Hal inilah yang kemudian membuat lulusan Computer Science banyak dibutuhkan sehingga mudah mendapatkan pekerjaan.

Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari segala hal tentang Computer Science? Melansir laman Bina Nusantara University di binus.ac.id, sebagai referensi, berikut beberapa hal menarik tentang bidang keilmuan ini yang membuat banyak orang terpikat, yaitu:

1. Computer Science bisa Memprediksi Masa Depan
Belajar Ilmu Komputer, tidak hanya akan mengenal kemampuan mengolah data saja. Sebab dalam prosesnya, pengolahan data melibatkan banyak hal dan informasi sehingga bisa menghasilkan prediksi-prediksi akurat, seperti potensi letusan gunung berapi, populasi penduduk di sebuah negara, atau tinggi rendahnya angka kematian di sebuah tempat.



Prediksi semacam ini jelas menarik karena informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat teknologi yang benar-benar dibutuhkan nantinya. Inilah alasan dalam penerapannya, Ilmu Komputer banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, hingga manufaktur.

2. Bisa Diterapkan di Segala Bidang
Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Computer Science termasuk salah satu bidang keilmuan fleksibel dan bisa diterapkan ke banyak bidang. Hal ini membuat lulusan jurusan School of Computer Science tidak hanya bisa bekerja di perusahaan berbasis teknologi saja tetapi juga yang bergerak di bidang lain.

Bahkan di bidang paling sederhana seperti pertanian pun, Ilmu Komputer bisa diterapkan dalam bentuk aplikasi untuk membantu para petani memprediksi musim tanam, atau robot yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan seperti menyuburkan tanah, menyiram tanaman, mempercepat proses panen, hingga membantu memudahkan proses pembuatan produk hasil pertanian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)