Mahasiswa, Ini Tips Menulis CV untuk Melamar Kerja yang Baik dan Benar

Jum'at, 10 Desember 2021 - 00:05 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Tips Menulis CV untuk Melamar Kerja yang Baik dan Benar
Wawancara kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen yang berisi tentang informasi gambaran diri seseorang. CV biasanya digunakan para jobseeker saat hendak melamar suatu pekerjaan . Sayangnya, keterampilan menulis CV jarang diberikan oleh instansi pendidikan formal.

Padahal, keterampilan menulis CV sangat dibutuhkan karena dapat membentuk kesan pertama antara jobseeker dan recruiter. Oleh karena itu, melalui Webinar Nasional Kepelatihan Desain dan Kepenulisan, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) FISIP UNS membagikan tips membuat CV yang baik dan benar. Menghadirkan Armando Radityawan yang merupakan Assesor Daya Dimensi Indonesia.



Mula-mula, Armando Radityawan mengawali pemaparannya dengan membagikan rahasia recruiter dalam menyeleksi calon karyawannya. Biasanya recruiter hanya memerlukan waktu 30-40 detik saat membuka CV para jobseeker. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pelamar yang mendaftar.

Recruiter juga cenderung melihat portofolio sebelum melihat CV. Bahkan keterbatasan waktu dan membeludaknya jumlah pelamar yang masuk membuat recruiter semakin selektif ketika membuka CV.

Perusahaan yang belum menggunakan search engine akan menghapus email yang berbentuk rar dan tanpa bodi email. Oleh karena itu, para jobseeker harus memastikan bodi email dan format dokumen yang dikirim.



“CV sebaiknya memperhatikan penyampaian data diri. Pastikan mudah untuk dilihat, kontennya mudah untuk dimengerti dan memiliki nilai jual. Urutkan dari yang paling rumit ke yang paling simple dan desain,” tutur Armando Radityawan melansir laman resmi UNS di uns.ac.id, Kamis (9/12/2021).

Armando Radityawan membagikan tips agar para job seekers tidak mencantumkan rate dalam kolom skill. Jobseeker cukup mencantumkan bidang keahlian yang dimiliki.

Selain itu, jobseeker juga perlu mempertimbangkan relevansi CV yang dibuat. Jobseeker sebaiknya memperhatikan industri yang dituju sebelum memutuskan untuk mengirim CV yang sama di beberapa pekerjaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3424 seconds (0.1#10.140)