UI GreenMetric Umumkan Universitas Berkelanjutan Terbaik di Dunia dan Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021 - 12:18 WIB
loading...
UI GreenMetric Umumkan Universitas Berkelanjutan Terbaik di Dunia dan Indonesia
UI GreenMetric kembali mengumumkan UI GreenMetric World University Rankings 2021 yang dilakukan secara hybrid pada Selasa (14/12) di kampus UI Depok. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) melalui UI GreenMetric kembali mengumumkan UI GreenMetric World University Rankings 2021 yang dilakukan secara hybrid pada Selasa (14/12) di kampus UI Depok. Berdasarkan penilaian UI GreenMetric, Wageningen University & Research, Belanda menjadi Kampus Berkelanjutan Terbaik di dunia.

Kemudian pada peringkat kedua ditempati oleh Nottingham University, Inggris dan University of Groningen, Belanda pada peringkat ketiga. Di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) meraih predikat Kampus Berkelanjutan Terbaik, yang diikuti oleh Universitas Diponegoro dan Universitas Gadjah Mada pada urutan kedua dan ketiga. Pengumuman disaksikan oleh Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam.



Dalam pidato sambutannya Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, pandemi menyebabkan disrupsi dan selama hampir 2 tahun kita banyak belajar tentang pandemi ini dan betapa pentingnya hidup di lingkungan yang bersih, sehat dan lestari.

Di sisi lain, pandemi ini juga memberikan kesempatan untuk merefleksikan dan mendefinisikan ulang bagaimana cara kita mengelola perguruan tinggi serta dampak kegiatan kampus bagi lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi masyarakat Indonesia.

"Saya gembira banyak perguruan tinggi dunia maupun di Indonesia yang antusias berpartisipasi dalam pemeringkatan ini. Hal tersebut menunjukkan semakin banyak perguruan tinggi yang menjadikan aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan secara lebih serius," katanya melalui siaran pers, Rabu (15/12/2021).



“UI GreenMetric World University Rankings Network juga menunjukkan bahwa kolaborasi, saling belajar, berbagi, dan bekerja sama secara nasional maupun global mampu mewujudkan kampus yang lebih lestari dan keberlanjutan lingkungan,” pungkasnya.

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini UI GreenMetric juga memberikan empat penghargaan bagi perguruan tinggi tingkat dunia maupun tingkat Indonesia.

Pertama, penghargaan The 2021 Most Sustainably Improved University diberikan kepada Tilburg University, Belanda (tingkat dunia) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (tingkat Indonesia).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2923 seconds (0.1#10.140)