Pentingnya Skill Komunikasi bagi Content Creator di Era Digital

Kamis, 30 Desember 2021 - 14:05 WIB
loading...
A A A
Seorang copywriter bahkan fotografer atau desainer grafis sekalipun tidak hanya perlu membekali diri dengan keahlian di bidang masing-masing, tetapi perlu ilmu dan kemampuan komunikasi yang baik di bidang public speaking untuk membangun dan membuktikan kredibilitasnya di bidang keahlian masing-masing.

Produksi Konten Berkualitas
Tujuan seseorang membuat konten tentunya di antaranya adalah membangun kesadaran, atau menjual sesuatu. Untuk dapat membangun kesadaran akan suatu produk atau jasa atau isu tertentu, content creator harus mampu memberi informasi secara akurat, efektif namun dengan cara yang kreatif dan persuasif.

Untuk memproduksi konten yang berkualitas, seorang content creator perlu memahami cara berkomunikasi yang tepat untuk setiap tipe audiens, dengan berbagai jenis media dan jenis konten. Ketepatan ini dapat dicapai dengan kecapakan dalam pemahaman dan penerapan communication skill.

Penyampaian Konten Secara Berkelas
Ketika sebuah konten disampaikan kepada target, content creator perlu menjaga agar pesan yang diterima oleh audiens atau klien tepat seperti tujuan awal yang ingin dicapai. Jangan sampai ada perbedaan persepsi yang menjadi bumerang untuk konten yang diciptakan tersebut. Cara seorang content creator menyajikan konten dan membidikan konten agar jitu mengena sasaran tentunya juga harus akan lebih mudah ketika sang content creator menerapkan skill di bidang ilmu komunikasi dengan tepat.

Meningkatkan Loyalitas
Pada akhirnya, konten juga dibuat dengan tujuan membangun dan meningkatkan loyalitas dari klien dan audiens terhadap isu atau produk maupun jasa yang ditawarkan oleh seorang content creator. Lagi-lagi dalam hal ini, peran kemampuan komunikasi adalah hal yang mutlak, contohnya dalam bentuk empati dan perilaku positif.

Kemampuan empati akan sangat berguna ketika menentukan respon seperti apa yang perlu dibangun untuk menghasilkan dan menjaga interaksi yang sehat dan sesuai target dari pembuatan suatu konten. Sebenarnya, masih banyak peran ilmu dan kemampuan komunikasi yang dapat digali lebih dalam, tidak hanya untuk content creator tetapi bahkan untuk semua profesi.

Industri yang semakin berkembang menuntut ilmu komunikasi juga semakin berkembang dan tetap dibutuhkan dari masa ke masa. Ilmu yang satu ini memang tidak ada habisnya dibahas dan didalami selama masih ada kehidupan manusia yang mendasari penerapan ilmu ini.

(Penulis: Tim Universitas Bakrie)
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3223 seconds (0.1#10.140)