Inovasi, Dosen Uhamka Manfaatkan Limbah Sisik Ikan Menjadi Gelatin Halal

Selasa, 21 Desember 2021 - 20:18 WIB
loading...
Inovasi, Dosen Uhamka Manfaatkan Limbah Sisik Ikan Menjadi Gelatin Halal
Uhamka menggelar program pengabdian masyarakat terkait pemanfaatan limbah sisik ikan sebagai gelatin halal menjadi kembang gula jelly. Foto/Dok/Uhamka
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA ( Uhamka ) menggelar program pengabdian masyarakat terkait pemanfaatan limbah sisik ikan sebagai gelatin halal menjadi kembang gula jelly. Program yang di danai hibah Kemendikbudristek ini ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga Margahayu, Bekasi.

Peserta pengabdian ini terdiri dari Ibu-Ibu PKK, karang taruna, unit posyandu, serta KPM PKH RW 11 Margahayu Bekasi Timur. Pengabdian ini dilakukan oleh Ketua Dr. Zulpahmi, SE, M.Si dan anggota: Dr. apt. Hariyanti, M.Si dan Merina, M.Pd. Pengabdian masyarakat ini dilangsungkan selama 3 hari, terhitung mulai 16, 18, dan 19 Desember 2021.



Dr. Zulpahmi. S.E.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka sekaligus Ketua Pelaksana pada kegiatan ini menyampaikan bahwa pengabdian masyarakat ini terdiri atas berbagai rangkaian.

“Kegiatan workshop akan dilaksanakn selama 3 hari mulai 16,18, dan 19 Desember. Kegiatan dimulai pada Kamis dengan penyampaian materi proses pembuatan gelatin halal dari limbah sisik ikan, di hari sabtu ada serah terima barang hibah dari tim pengmas Uhamka kepada Kelurahan Margahayu selaku mitra. Selain itu akan ada penataan ruang yang selama ini masih belum dimanfaatkan,” Jelas Zul sapaan akrabnya.

Hendrik Kurniawan, S.E selaku Ketua RW 11 Margahayu dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat bermanfaat terhadap perekonomian masyarakat Margahayu. “Dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Uhamka ini, tentunya kita mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan peluang usaha oleh warga, guna membantu perekonomian rumah tangga masyarakat,” Ungkapnya.



Di sisi lain dalam sambutannya, Prof. Abdurrahman H. Ghani selaku Wakil Rektor 1 Uhamka mengucapkan terima kasih terhadap Kelurahan Margahayu selaku mitra pengabdian masyarakat Uhamka.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya kegiatan PKM ini dengan dukungan sinergi yang terjalin antara tim Uhamka dengan warga sekitar, diharapkan kegiatan ini akan terlaksana dengan baik. Kami berharap PKM dapat memberikan manfaat bagi semuanya, selain hanya memberikan pengajaran dan penelitian,” Jelasnya.

Sebagai bentuk dari rangkaian pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat, Uhamka juga memberikan beberapa keperluan yang mendukung tindak lanjut dari workshop yang sudah dilaksanakan selama 3 hari, yang dimulai sejak 16, dan dilanjut pada 18 serta 19 Desember 2021.

Adapun perlengkapan pendukung tersebut adalah Kulkas, Digital Display, Oven, Thermogun, Ice Coola dan beberapa alat lainnya. Selain itu, tim pengabdian masyarakat Uhamka juga memberikan hibah kepada Kelurahan Margahayu dalam bentuk pembenahan sarana pendukung pada Gedung Serbaguna RW Margahayu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)