4 Sekolah Kedinasan Bebas Biaya Pendidikan, Nomor 2 dan 4 Paling Diminati

Rabu, 22 Desember 2021 - 18:52 WIB
loading...
4 Sekolah Kedinasan Bebas Biaya Pendidikan, Nomor 2 dan 4 Paling Diminati
Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Foto/Dok/IPDN
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan bisa menjadi pilihan ketika melanjutkan ke perguruan tinggi. Biasanya sekolah kedinasan membebaskan biaya pendidikan kepada para mahasiswanya hingga akhir masa pendidikan.

Berikut beberapa sekolah kedinasan yang bebas biaya.

1. Politeknik Statistika STIS
Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Terletak di Jakarta Timur, sekolah kedinasan ini menggratiskan dana pendidikan untuk para mahasiswanya hingga akhir perkuliahan.



Hal ini berlandaskan Surat No. 295/D/T/97 tanggal 24 Februari 1997 tentang diizinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV. Kemudian terbit Keppres No. 163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS. STIS mempunyai dua jurusan Statistika dan Komputasi Statistik.

2. Politeknik Keuangan Negara STAN
Sekolah kedinasan yang berada di Tangerang Selatan ini sangat cocok bagi yang menyukai bidang keuangan atau akuntansi. PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Untuk penyelenggaraan pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya. Terdapat beberapa jurusan yang dipilih, seperti D3 Kepabeanan dan Cukai hingga D4 Akuntansi Sektor Publik.

3. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
Politeknik Transportasi Darat Indonesia adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan. Sekolah kedinasan ini terletak di Cibitung, Bekasi.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia menyelenggarakan Program Diploma III yang meliputi Program Manajemen Transportasi Jalan dan Program Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Sedangkan untuk Program Diploma IV meliputi Program Transportasi Darat. Biaya pendidikan di PTDI-STTD ini gratis.

4. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Institut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Kampus IPDN terletak di Jatinangor, Sumedang. Selama menempuh pendidikan, mahasiswa IPDN tidak dikenakan biaya. Bahkan IPDN telah menyediakan asrama bagi para mahasiswanya. Setelah lulus, alumninya akan ditempatkan di sektor pemerintahan.

Diolah dari berbagai sumber
Tika Vidya Utami/Litbang MPI
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)