5 Persiapan untuk Dapat Beasiswa S2 di Kampus Terbaik Luar Negeri

Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:42 WIB
loading...
5 Persiapan untuk Dapat Beasiswa S2 di Kampus Terbaik Luar Negeri
Beasiswa University of Oxford. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mendaftar beasiswa terutama beasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan secara impulsif. Namun membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mempersiapkan diri mendaftar beasiswa.

Bahkan, persiapan itu sebaiknya dilakukan sejak kuliah di semester pertama S1 sehingga hasil yang bisa didapatkan pun akan maksimal. Bisa dibayangkan bahwa untuk meraih beasiswa itu kita harus bersaing dengan mahasiswa lain yang tidak hanya dari dalam tetapi juga luar negeri.



Lalu apa saja persiapan bagi mahasiswa baru yang sudah memikirkan untuk lanjut studi S2 dengan beasiswa? Mengutip laman Schoters di schoters.com, simak 5 langkahnya di bawah ini.

1. Semester 1-2
Masa orientasi mahasiswa baru dan euphoria melepas seragam SMA masih terasa lekat. Ini adalah permulaan dari keinginan untuk melanjutkan studi beasiswa luar negeri S2.

Namun kalian masih berpikir berkali-kali untuk meyakinkan mewujudkan keinginan tersebut. Berikut adalah tips yang dapat membantu berpikir tentang melanjutkan studi beasiswa S2:
- Tentukan minat jurusan untuk lanjut S2
- Cari info detail terkait kampus dan jurusan yang kamu mau
- Mulai eksplorasi diri dalam kegiatan atau organisasi kampus sesuai dengan minat kamu

2. Semester 3-4
Di semester ini, mungkin kalian masih mempertanyakan keyakinan untuk melanjutkan studi namun keinginan untuk mencapai impian kuliah ke luar negeri juga lebih besar.

Artinya ini adalah waktu yang tepat untuk trial and error mengerjakan tes. Masih ada waktu yang cukup untuk memperbaiki hasil tes jika hasilnya kurang maksimal. Berikut adalah tips yang dapat meyakinkan untuk mencapai beasiswa S2 ke luar negeri:
- Meningkatkan skor tes kecakapan bahasa asing
- Ikuti event yang sesuai dengan minat dan planning S2 nanti
- Lakukan persiapan tes akademik (GRE/GMAT) sesuai persyaratan kampus impianmu

3. Semester 5-6
Jurusan S2 sangat beragam dibandingkan S1, maka dari itu perlunya info detail terkait kampus dan jurusan yang diinginkan. Semester ini adalah waktu yang tepat untuk mengupas tuntas tentang hal tersebut.

Selain itu, prospek karier dan masa depan pun perlu dipikirkan dengan matang. Namun, jangan sampai terlewat untuk tetap belajar dengan bimbingan les persiapan untuk tes agar hasilnya sangat baik.
- Waktunya pilih kampus dan jurusan yang kamu mau
- Mulai cari tahu silabus prodi, prospek karier, dan persyaratan pendaftaran
- Mengikuti les persiapan tes kecakapan bahasa asing

4. Semester 7
Setelah mengikuti bimbingan persiapan tes dan mengetahui kampus serta jurusan yang diidamkan, kini waktu yang tepat untuk mempersiapkan dokumen persyaratan. Tujuannya agar persiapan dokumen lebih maksimal dan tidak mepet dengan deadline.
- Saatnya mengikuti official tes bahasa asing atau/dan tes akademik (GRE/GMAT)
- Mulai mempersiapkan dokumen
- Mulai mencari & mengontak profesor calon supervisor (untuk master by research)

5. Semester 8
Di semester akhir, kalian hanya tinggal melaksanakan skripsi dan akhirnya tibalah waktu untuk memulai pendaftaran beasiswa dan kampus luar negeri yang diincar!
- Menulis skripsi dengan topik yang relevan dengan jurusan S2 yang nantinya ingin diambil, bersifat opsional namun akan mendapatkan poin plus!
- Saatnya mendaftar ke berbagai beasiswa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)