UIN Jakarta Luncurkan Beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship untuk Studi Bahasa Arab

Kamis, 23 Desember 2021 - 12:53 WIB
loading...
UIN Jakarta Luncurkan Beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship untuk Studi Bahasa Arab
UIN Jakarta Luncurkan Professor Nabilah Scholarship for Arabic Studies. Foto/tangkapan layar laman UIN Jakarta
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ( UIN Jakarta ) meluncurkan Program Beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies. Beasiswa dari Prof. Dr. Hj. Nabilah Lubis dan keluarga ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh studi bahasa Arab jenjang Sarjana dan Magister di UIN Jakarta.

Peluncuran program beasiswa yang digelar bertepatan pada Perayaan Hari Ibu 22 Desember 2021 ini dilakukan langsung Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis didampingi Direktur Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta Prof. Dr. Amelia Fauzia. Prof. Dr. Nabilah Lubis juga turut menghadiri peluncurannya.



Program beasiswa sendiri dipercayakan pengelolaannya kepada STF UIN Jakarta. Nantinya STF UIN Jakarta akan menyalurkan kepada mahasiswa sasaran melalui proses seleksi administrasi maupun akademik calon penerima.

Dalam sambutannya, Rektor Amany menuturkan, Program Beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies ditujukan sebagai dukungan pengembangan studi Bahasa dan Sastra Arab di lingkungan UIN Jakarta. Ini juga sejalan dengan dorongan kajian naskah-naskah filologis berbasis bahasa Arab.

Program beasiswa sendiri didedikasikan kepada nama Prof. Dr. Nabilah Lubis. Ia merupakan salah satu Guru Besar Sastra Arab dan Filologi yang pernah dimiliki UIN Jakarta.



“Kami berharap program ini bisa melanjutkan perkembangan studi bidang keilmuan yang beliau tekuni selama ini. Sehingga lahir para penerusnya di masa depan,” harapnya melansir laman resmi UIN Jakarta di uinjkt.ac.id, Kamis (23/12/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur STF Amelia optimistis program beasiswa ini bakal sangat membantu mahasiswa-mahasiswa kajian bahasa Arab layak sasaran. Menurutnya, minat studi bahasa dan sastra Arab sendiri terbilang tinggi di UIN Jakarta.

“Tetapi minat studi ini belum sebanding dengan dukungan yang ada. Mahasiswa di UIN Jakarta masih banyak yang perlu dibantu. Mereka punya potensi raih pendidikan magister dan doktor, namun terkendala biaya studi,” jelasnya.

Kehadiran Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies sendiri menambah daftar program beasiswa yang dikelola STF UIN Jakarta. Sebelumnya, STF dipercaya mengelola Program Azyumardi Azra Scholarsip (AAS) dari Prof. Dr. Azyumardi Azra untuk mahasiswa studi-studi sejarah Islam Indonesia dan studi filantropi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)