Negara dengan Jam Sekolah Terpendek di Dunia, Tidak Bikin Pusing

Senin, 27 Desember 2021 - 22:32 WIB
loading...
Negara dengan Jam Sekolah Terpendek di Dunia, Tidak Bikin Pusing
Finlandia adalah negara dengan jam sekolah terpendek di dunia. Siswa-siswinya hanya menghabiskan waktu untuk sekolah 4-5 jam per hari. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Negara dengan jam sekolah terpendek di dunia, tidak bikin pusing dan membuat iri siswa-siswi di negara yang mempunyai jam sekolah panjang. Jam sekolah di setiap negara mempunyai peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Ada negara yang mempunyai jam sekolah hingga 7,5 jam, adapula negara yang menetapkan jam sekolah hanya 5 jam per hari.

Tentunya mempunyai jam sekolah yang pendek menjadi keinginan banyak siswa-siswi. Kerap kali jam sekolah yang terlalu panjang membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif, karena siswa-siswi sudah tidak fokus dengan apa yang dijelaskan oleh guru-guru di Sekolah.

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Paling Diminati Pelajar Indonesia dan Dunia

Belum lagi waktu istirahat yang terbilang cukup sebentar, dan adanya PR yang cukup banyak diberikan oleh guru-guru membuat siswa-siswi terlalu lelah.

Hal-hal seperti di atas kerap kali menjadi salah satu faktor yang membuat siswa-siswi menjadi tidak suka belajar, menganggap belajar adalah suatu kegiatan yang memusingkan, dan mereka hanya ingin bermain.

Karena, hampir keseluruhan waktu mereka habis hanya untuk mendengarkan guru di sekolah, berdiskusi dengan teman terkait pembelajaran, mengerjakan latihan-latihan soal, dan mengerjakan PR yang begitu banyak, tidak hanya di satu mata pelajaran, tapi di beberapa mata pelajaran lainnya juga diberikan PR di hari yang sama.

Baca juga: Selain Presiden Jokowi, Ini Sederet Pejabat Tinggi Lulusan UGM

Belum lagi dengan adanya ranking, dan nilai-nilai yang membuat siswa-siswi seringkali berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan teratas. Yang mempunyai nilai tinggi dan masuk ke dalam ranking sering dianggap sebagai siswa pintar.

Sementara, yang mempunyai nilai rendah sering dianggap sebagai siswa bodoh. bahkan, di beberapa sekolah masih ada tindakan perbedaan perilaku yang diberikan oleh guru atau teman teman kepada siswa yang dianggap “bodoh” dengan siswa yang dianggap “pintar”.

Akhirnya, dengan adanya pengaruh ranking dan nilai membuat banyak sekali kasus siswa-siswi berlomba lomba memperoleh ranking dan nilai bagus tanpa memperdulikan jalur yang ditempuh, seringkali ada kasus siswa menyontek, orang tua menyogok guru agar anaknya memperoleh ranking, dan sebagainya.

Di beberapa negara, untuk meminimalisir hal-hal di atas, dan mengupayakan agar sekolah menjadi suatu kegiatan yang menarik. Pemerintahannya menetapkan jam sekolah yang pendek karena hal tersebut juga dianggap lebih efektif untuk siswa-siswi menangkap pembelajaran yang diberikan.

Yuk Lihat, Negara dengan Jam Sekolah Terpendek di Dunia, Tidak Bikin Pusing!

1. Finlandia
Dilansir dari video informatif di tiktok @deasilistiani, Finlandia adalah Negara dengan Jam sekolah terpendek di dunia. Siswa-siswinya hanya menghabiskan waktu untuk sekolah 4-5 jam per hari.

Jam sekolah di Finlandia dimulai pukul 08.00 atau 09.00 hingga pukul 13.00 atau 14.00. Selain itu, siswa-siswi juga mendapatkan jam istirahat sebanyak 4-5 kali sehari dengan durasi waktu 15 menit. Jadi, waktu di kelas hanya 3 jam 45 menit dalam sehari.

Finlandia menerapkan jam istirahat yang cukup banyak ini, guna mengupayakan untuk meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu, agar anak tetap mempunyai waktu yang seimbang antara belajar, bermain dan melakukan aktivitas fisik.

Finlandia membuktikan bahwa mempunyai jam sekolah terpendek adalah salah satu langkah yang baik agar anak tetap konsentrasi dalam belajar, sehingga membuat siswa-siswi di Finlandia menempati urutan kedua di banding negara lainnya dalam hal membaca, sains, dan matematika.

Finlandia juga disebut sebagai negara dengan sistem pendidikan paling maju.

2. Rusia
Di rusia, murid-murid hanya belajar 5 hari dalam seminggu, mempunyai jam sekolah sama dengan Finlandia, dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00 atau 14.00.

Sekolah di Rusia mempunyai durasi total libur selama 4 bulan dalam setahun, membuatnya menjadi salah satu negara juga dengan jam sekolah terpendek di dunia.

3. Irlandia
Murid-murid di Irlandia hanya belajar 183 hari dari 365 hari dalam setahun. Mereka hanya menghabiskan waktu sekolah selama 5 jam 40 menit.

(MG04–Bunaya Putri Zulfikar)
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1312 seconds (10.55#12.26)