Resolusi Tahun Baru Mau Terwujud? Simak 7 Tips Suksesnya

Kamis, 30 Desember 2021 - 11:46 WIB
loading...
Resolusi Tahun Baru Mau Terwujud? Simak 7 Tips Suksesnya
Tahun Baru 2022 sudah di depan mata dan biasanya banyak pelajar ataupun mahasiswa yang membuat resolusi-resolusi baru. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tahun Baru 2022 sudah di depan mata dan biasanya banyak pelajar ataupun mahasiswa yang membuat resolusi-resolusi baru sebagai awal baru untuk membuat diri sendiri menjadi lebih baik lagi.

Membuat resolusi itu baik sebab kehidupan manusia itu akan mengalami perkembangan. Memang di setiap tahapnya pasti ada tantangan yang harus dihadapi namun pengalaman inilah yang akan menempa hidup menuju ke arah yang lebih baik pula.

Baca juga: SKB 4 Menteri Terbaru, Januari 2022 Sekolah Wajib Gelar PTM Terbatas

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Scranton, hanya 8% orang yang berhasil mewujudkan resolusinya. Maka, jika ingin menjadi bagian dari 8% tadi simak 7 tips untuk mewujudkan resolusi tahun baru berikut ini.

1. Mulai dari langkah kecil
Mulailah dengan membuat target yang realistis dan diyakini bisa untuk mewujudkannya. Biasanya, langkah kecil justru akan menuai sukses yang lebih besar.

Jangan sekadar menetapkan target yang terlalu ambisius, karena hanya akan membuat kewalahan atau bahkan frustasi. Sebaliknya, dengan menetapkan target yang lebih logis, maka kemungkinan akan memiliki untuk mewujudkan resolusi yang lebih besar.

Misalnya, ingin hidup lebih sehat dengan lebih sering berolahraga di tahun yang baru. Maka, buatlah jadwal berolahraga 3-4 kali dalam seminggu. Atau bisa dengan mengganti kebiasaan mengonsumsi gorengan dan makanan manis dengan makanan yang lebih sehat seperti yoghurt. Ingatlah bahwa perubahan dimulai dari hal kecil.

2. Buat daftar yang spesifik
Resolusi yang dibuat juga harus jelas dan spesifik. Jangan hanya mengatakan, “Aku ingin menurunkan berat badan” atau “Aku ingin mendapatkan nilai yang lebih bagus”. Buatlah target, berapa banyak berat badan yang ingin diturunkan atau ingin meraih ranking berapa di semester depan dan sebagainya. Kalimat resolusi yang lebih spesifik akan menjamin hal tersebut bukan hanya wacana, melainkan target yang harus diwujudkan.

3. Beritahu resolusi pada teman dan keluarga untuk mendapat dukungan
Dukungan dari teman dan keluarga akan membuat komitmen lebih tinggi dalam mewujudkan resolusi. Dr John Michael, seorang ahli filsafat dari Universitas Warwich menyebutkan, tekanan sosial akan membuat kita lebih menepati janji.

4. Buat tenggat waktu
Membuat target yang detail, termasuk waktu, penting untuk dilakukan. Namun, tenggat waktu yang dibuat harus realistis juga. Berikan diri sendiri waktu untuk mewujudkannya. Pecahlah target jangka panjang menjadi target jangka pendek. Jika sudah menetapkan resolusi tahun baru, sekarang saatnya membuat strategi yang detail untuk mewujudkannya.

5. Jangan takut gagal
Jangan langsung patah semangat jika ada kendala. Juga jangan terlalu takut gagal yang bisa menyebabkan resolusinya tidak tercapai. Saat mengalami kegagalan maka berhentilah sejenak dan evaluasi diri. Jika targetnya masih terlalu ambisius, maka cobalah untuk memecahnya menjadi beberapa target yang lebih realistis. Saat merasa jenuh menjalani resolusi, coba buat variasi atau hentikan sejenak.

6. Rencanakan reward saat berhasil meraihnya
Reward atau penghargaan dapat menjadi penyemangat dan membuat tetap fokus untuk mewujudkan resolusi. Misalnya, jika berhasil masuk ke PTN impian, hadiahkan diri sendiri berjalan-jalan ke tempat yang selama ini diimpikan.

7. Sabar dalam proses
Ingat, tidak ada hal yang bisa didapatkan secara instan! Semua tentunya butuh proses dan perjuangan yang harus kamu dijalani dengan sabar. Begitu juga untuk resolusi tahun baru. Perubahan yang dibuat di resolusi tahun baru bisa saja membutuhkan waktu yang lama atau cepat tergantung pada seberapa kuat kamu berusaha mencapainya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1470 seconds (11.97#12.26)