Dampingi Anak Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi, Orang Tua Harus Siapkan Ini

Senin, 10 Januari 2022 - 18:07 WIB
loading...
Dampingi Anak Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi, Orang Tua Harus Siapkan Ini
Siswa Sekolah Dasar mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tak terasa sudah hampir satu tahun lebih seluruh institusi pendidikan memberlakukan aturan belajar daring atau pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) melalui online selama pandemi Covid-19.

Namun, pemerintah membuka wacana untuk kembali melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) terbatas di 2022 nanti. Lalu, upaya apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk mempersiapkan anak-anaknya dalam menghadapi sekolah tatap muka di saat pandemi? Yuk, simak sampai tuntas artikel kali ini.



Kesiapan Sekolah Tatap Muka
Beberapa aktivitas masyarakat mulai dilonggarkan, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar bagi siswa sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, sampai SMA. Namun, keputusan tersebut tetap disesuaikan kembali dengan kebutuhan serta kondisi masing-masing daerah.

Nah bagi orang tua yang mengizinkan anaknya mengikuti PTM, tentunya perlu kesiapan yang matang dalam mendampingi anaknya. Apa saja upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak-anaknya dalam mengikuti sekolah tatap muka di tengah pandemi? Simak pembahasanya di bawah ini.

Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Saat Sekolah Tatap Muka
Dengan diberlakukannya kembali sekolah tatap muka tentu semua pihak harus mempersiapkan diri untuk memfasilitasi baik sarana maupun prasarana yang dibutuhkan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung di tengah pandemi.

Terutama bagi orang tua siswa, di mana peran orang tua saat sekolah sangat penting dalam membantu mempersiapkan anaknya menghadapi proses belajar tatap muka di sekolah saat pandemi.



Ada 6 hal yang bisa menjadi upaya bagi orang tua dalam membantu anaknya mengikuti proses belajar tatap muka di tengah masa pandemi yang belum usai sepenuhnya.

1. Bahas Secara Detail dan Terbuka Semua informasi Tentang Sekolah Tatap Muka
Hal pertama yang harus dilakukan orang tua terkait dengan sekolah tatap muka adalah mengajak anak berdiskusi mengenai pandangan, perasaan, harapan, atau keinginan mereka tentang sekolah tatap muka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)