Perguruan Tinggi Bersiap PTM 100%, Ini Arahan Diktiristek yang Harus Ditaati

Selasa, 04 Januari 2022 - 17:03 WIB
loading...
Perguruan Tinggi Bersiap PTM 100%, Ini Arahan Diktiristek yang Harus Ditaati
Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof. Nizam. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ) 100% di sekolah sudah berjalan di beberapa daerah. Namun tidak hanya sekolah namun perguruan tinggi pun bersiap untuk membuka kampus agar perkuliahan berjalan maksimal di tengah pandemi.

Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam mengaku, dia sudah melakukan monitoring ke beberapa kampus untuk memantau persiapan PTM 100%.



Menurut Nizam, pelaksanaan PTM 100% di kampus itu akan dilakukan bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing perguruan tinggi untuk menyesuaikan.

"Beberapa sudah sangat siap untuk bisa full 100%. Beberapa belum siap. Kita menyesuaikan," katanya usai Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2022, Selasa (4/1/2022).

Nizam menyatakan, banyak perguruan tinggi yang sudah menyiapkan fasilitas yang sesuai protokol kesehatan. Seperti thermogun dan juga tempat cuci tangan.



Selain itu, perguruan tinggi juga menyiapkan satuan petugas yang terdiri dari elemen mahasiswa sehingga bisa memantau ketertiban dalam menjalankan protokol kesehatan.

Selain mendorong protokol kesehatan, ujarnya, pihaknya juga mendorong vaksinasi. Menurutnya, capaian vaksinasi dosen dan tenaga pendidik rata-rata sudah diatas 80%.

Oleh karena itu, meski Kemendikbudristek sudah mendorong kampus melaksanakan PTM, dia menekankan, PTM di kampus diserahkan ke masing-masing perguruan tinggi untuk menyesuaikan.



Dia menekankan, beberapa hal yang perlu dilakukan perguruan tinggi untuk PTM yakni protokol kesehatan, harus ada SOP, sistem pemantauan dan juga harus ada koordinasi dengan dinas kesehatan setempat di masing-masing daerah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2795 seconds (0.1#10.140)