10 Ciri Anak yang Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi Sejak Kecil

Rabu, 05 Januari 2022 - 22:55 WIB
loading...
10 Ciri Anak yang Memiliki Tingkat Kecerdasan Tinggi Sejak Kecil
anak jenius ber IQ tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apakah bapak-ibu ingin tahu IQ atau tingkat kecerdasan otak anak anda? Gampang koq cara melihatnya. Tinggal lihat saja ciri-cirinya. Sebab, anak yang memiliki Intelligence Quotient atau IQ tinggi biasanya ada ciri khusus.

Dilansir dari Cognition Today, Rabu (5/1/2021), skor IQ atau tingkat kecerdasan anak bisa didapatkan dari tes asesmen terstruktur yang dilakukan oleh psikolog.

Baca juga: Prestasi Madrasah 2021, Top 1 UTBK hingga Jawara Ratusan Ajang Internasional

Biasanya, 70% orang akan memiliki IQ sekitar 80-120. Lalu, sekitar 95% orang akan memiliki IQ antara 70-130. Sementara itu, orang yang ber-IQ tinggi biasanya akan mendapat skor di atas 130.

Namun, tanpa melihat skor IQ, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan orang tua untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak. Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain
Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.

Baca juga: Sistem Zonasi Dinilai Tak Relevan dalam Penerimaan Siswa Baru, Ini Alasannya

“Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak maupun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian,” jelasnya.

“Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespon, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” lanjutnya.

2. Anak Lahir dengan Berat Badan Besar
Melansir dari News Com AU, penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal mengamati sebanyak 3.000 bayi yang baru lahir.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2362 seconds (10.55#12.26)