Mudah, Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan IQ Anak

Jum'at, 07 Januari 2022 - 06:35 WIB
loading...
Mudah, Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan IQ Anak
Anak dilatih membaca. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mudah, latihan untuk meningkatkan IQ anak ini bisa diterapkan untuk para orang tua. IQ atau Intelligence Quotient adalah kemampuan sesorang untuk menalar, memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berpikir, dan merencanakan sesuatu. Kecerdasan IQ yang dimiliki seorang anak sifatnya dibawa sejak lahir, dan bersifat menggunakan logika.

Dengan kecerdasan IQ, seorang anak dapat memecahkan masalah yang melibatkan logika. Biasanya anak yang mempunyai IQ tinggi pandai dalam angka, seperti unggul dalam pelajaran hitung-hitungan. Seringkali anak yang mempunyai IQ rendah dianggap menjadi anak yang bodoh karena kurangnya kemampuan mereka untuk menalar dan memecahkan masalah yang melibatkan logika.



Kenyataannya, hasil tes IQ anak bukanlah tolak ukur mutlak untuk menilai kepintaran seseorang. Karena setiap anak mempunyai minat dan bakatnya sendiri. Bisa saja seorang anak memang lemah dalam kemampuan menalar, dan memecahkan segala sesuatu yang bersifat logika. Tapi, bisa jadi anak itu unggul dan mempunyai kecerdasan EQ yang lebih tinggi, di mana mereka lebih unggul dalam mengenali, dan mendalikan perasaan, baik perasaan sendiri maupun orang lain.

Biasanya, anak yang mempunyai EQ tinggi lebih pandai dalam bersosialisasi, dan mempunyai potensi untuk menjadi pemimpin yang baik. Perlu diketahu EQ memang dapat diasah, tapi IQ pun walau sudah dibawa sejak lahir masih dapat terus dilatih agar kemampuan berpikir anak dalam logika terus berkembang.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melatih IQ, khusunya IQ pada anak di mana anak tersebut masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Orang tua juga mempunyai peran penting dalam hal ini untuk membantu anak melatih IQ mereka.



Mudah, Dilansir dari halodoc.com, inilah latihan untuk meningkatkan IQ anak yang dapat dicoba dan diterapkan oleh orang tua:

1. Membaca Buku
Mudah, Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan IQ Anak

Buku adalah sumber pengatahuan, dan jendela dunia. Perkenalkanlah anak sedini mungkin dengan buku, hingga buku menjadi salah satu hal favorit anak untuk dilakukan.

Untuk para orang tua, bisa memulai dengan membacakan buku cerita atau buku dongeng kepada anak. Dengan buku dongeng tersebut, anak juga dapat dikenali dengan beragam warna, dan kosakata nama baru. Hal ini dapat membantu anak agar lebih aktif dalam berbicara, dan mengasah pendengaran serta konsentrasinya dalam menyimak dongeng yang dibacakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7081 seconds (0.1#10.140)