UGM Rancang Pesawat Tanpa Awak untuk Deteksi Dini Kebakaran Hutan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 13:30 WIB
loading...
UGM Rancang Pesawat Tanpa Awak untuk Deteksi Dini Kebakaran Hutan
Elang Caraka, Pesawat Tanpa Awak UGM untuk deteksi dini kebakaran hutan. Foto/tangkapan layar laman UGM
A A A
JAKARTA - Kawasan hutan di Indonesia semakin menyusut karena kasus kebakaran hutan yang masih terjadi di tanah air. Peneliti Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UGM pun mengembangkan pesawat tanpa awak untuk deteksi dini kebakaran hutan.

Pesawat tanpa awak yang diberi nama Elang Caraka dirancang mampu terbang selama enam jam dengan jarak tempuh 200 km untuk melakukan pengawasan wilayah secara autonomous.



Elang Caraka memiliki bentang sayap sepanjang 3,6 m dan badan pesawat sepanjang 1,92 m, serta dilengkapi kamera thermal untuk mengirimkan rekaman udara secara langsung yang dapat dilihat di darat.

Mesin dengan kapasitas 30 cc digunakan untuk menerbangkan pesawat Elang Caraka yang berbobot 20 kg dan hanya memerlukan landasan sepanjang 90 m untuk lepas landas dan mendarat

Pesawat ini dapat mendeteksi kebakaran dengan sensor cerdas Electrical Nose (Enose) yang mampu mendeteksi adanya asap yang ditunjukkan oleh meningkatnya grafik output dari sensor cerdas dibanding dengan kondisi normal tanpa asap.



“Enose bekerja seperti halnya hidung manusia, menggunakan larik sensor gas yang mampu mendeteksi asap tersebut,” kata Dr. Gesang Nugroho, S.T., M.T. yang memimpin penelitian ini melansir dari laman ugm.ac.id, Jumat (7/1/2022)

“Operator dapat mengendalikan pesawat tanpa awak dari jarak jauh serta melihat rekaman gambar secara langsung melalui monitor yang ada di Ground Control Station,” terang Gesang menerangkan,

Elang Caraka dikembangkan sebagai solusi untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan yang ada di Indonesia. Beberapa tahun belakangan kawasan hutan Indonesia mengalami penyusutan, sebagian besar disebabkan peristiwa kebakaran hutan dan pembalakan liar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)