Empat Mahasiswa UI Juara Lomba Poster Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Rabu, 10 Juni 2020 - 15:05 WIB
loading...
Empat Mahasiswa UI Juara Lomba Poster Hari Tanpa Tembakau Sedunia
Empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI) meraih juara lomba desain poster tingkat nasional memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020. Foto/Istimewa
A A A
DEPOK - Empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI) meraih juara lomba desain poster tingkat nasional memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020.

Keempat mahasiswa tersebut ialah Alifa Dhea Ardianti Putri (Humas Vokasi UI 2019) sebagai juara II, Peter Leonaldy Ngapa Djami (Ilmu Komunikasi FISIP 2018) dan Indira Rizky Azzahra (Humas Vokasi UI 2019) juara harapan I, Nadhira Herdiastri (Humas Vokasi UI 2019) sebagai juara harapan II.

Lomba desain poster tingkat nasional memperingati Hari Tanpa Tembakau sedunia ini diselenggarakan pada 19 Mei–1 Juni 2020. Lomba ini diikuti total sebanyak 130 peserta yang terdiri atas 16 siswa/pelajar, 22 masyarakat umum, dan 92 mahasiswa dengan total 137 poster.

Lomba ini mengangkat tema Keresahan Perokok Saat Pandemi Covid-19 dan Solusinya. ”Lomba ini menuntut para peserta untuk menghasilkan sebuah poster edukatif tentang bahaya perokok pada masa Covid-19 dan solusi yang dapat dilakukan,” tutur Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Rosari Saleh, Rabu (10/6/2020).

Tema yang diusung oleh Alifa Dhea (juara II) adalah Berhenti Merokok, Kurangi Resiko Covid-19. Poster tersebut memberikan informasi mengenai pendapat Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia yang mengatakan perokok berisiko lebih tinggi terkena Covid-19. ( )

Poster ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya perokok aktif, bahwa aktivitas merokok dapat meningkatkan risiko kondisi fatal saat terjangkit virus Corona.

”Poster ini juga bertujuan mempersuasi perokok agar bisa mencegah risiko tersebut melalui STOP singkatan dari Sering minum air mineral, Tekan intensitas merokok, Olahraga teratur, dan Program Nicotine Replacement Therapy,” tutur Alfa menjelaskan.

Kemudian tema yang diangkat Peter Leonaldy (Juara III) adalah Duet Maut Rokok dan Corona. Poster ini berisi informasi tentang Corona yang lebih berbahaya jika menyerang perokok.

Poster yang dibuat juga menjelaskan mengapa para perokok lebih rentan terinfeksi virus Corona daripada selain perokok.

“Saya tertarik mengenai isu tentang kontra penggunaan produk tembakau. Lewat poster tersebut, saya ingin menyebarkan kesadaran mengenai jahatnya rokok terutama untuk teman-teman saya. Karena cukup banyak teman-teman mahasiswa saya yang juga menjadi perokok aktif," tutur Peter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)