Nadiem, Erick Thohir, dan Najwa Bekali Generasi Muda Talenta Digital lewat IDT

Jum'at, 07 Januari 2022 - 17:49 WIB
loading...
Nadiem, Erick Thohir, dan Najwa Bekali Generasi Muda Talenta Digital lewat IDT
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Mendikbudristek Nadiem Makarim, dan Pendiri Narasi & Head Mentor IDT Najwa Shihab. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ekonomi digital Indonesia terus bertumbuh, potensinya diperkirakan mencapai USD146 miliar pada 2025. Hingga kini Indonesia telah memiliki 2.319 startup, 1 decacorn, 7 unicorn, dan banyak sekali soonicorn yang akan terus didorong untuk ‘naik kelas’.

Untuk membekali talenta digital hingga siap menghadapi era ekonomi digital, hadirlah Indonesia Digital Tribe (IDT). Gerakan ini merupakan inisiatif dari Kementerian BUMN melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), Telkom Indonesia, Bank Mandiri, bersama Kemendikbudristek dan Narasi.



Dalam ajang ini, anak-anak muda terbaik dilatih, berkesempatan untuk mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan baru. Terdapat 8 kategori yang dapat dipilih peserta pada program IDT antara lain: Pendidikan, Perikanan, Kesehatan, Ecommerce, Agriculture, Fintech, Logistik dan Socialpreneur.

Pemenang berkesempatan mendapatkan hadiah Rp300 juta untuk 3 prototip terbaik dan kesempatan berkarier di BUMN.

Erick Thohir, selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara & Head Mentor IDT, menuturkan pentingnya ekosistem dalam pengembangan industri teknologi.

“Kita harus mempunyai ekosistem sendiri, road map sendiri sebagai dunia Indonesia, bukan dunia orang lain. Kita harus memastikan eksositem ini yamg menang, karena kalau tidak ekosistem kita akan dimakan orang lain. Ekosistem itu harus kita menangkan. Teknologi tidak bisa terelakkan, dunia baru akan kita hadapi.” terangnya.



Nadiem Makarim, Mendikbudristek & Head Mentor IDT menuturkan pihaknya menyiapkan Kampus Merdeka sebagai salah satu pendukung untuk bisa take off di Industri teknologi.

“Tanpa ada talenta digital, kita tidak bisa berkembang. Kita dukung dan kita siapkan talenta-talenta digital yang akan menjadi generasi baru, pemimpin-pemimpin teknologi. Harapannya bukan hanya di Indonesia, tapi di dunia,” kata Nadiem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)