15 Jurusan bagi Anak IPA Bidang MIPA, Kedokteran, Teknik Komputer, dan Teknologi

Sabtu, 08 Januari 2022 - 14:46 WIB
loading...
15 Jurusan bagi Anak IPA Bidang MIPA, Kedokteran, Teknik Komputer, dan Teknologi
Jurusan Teknik Komputer. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pilihan jurusan untuk anak IPA terdiri dari bermacam ragam. Ketahui 15 jurusan apa yang bisa menjadi rekomendasi untuk anak IPA yang tertarik mendalami bidang MIPA, kedokteran, teknik serta komputer dan teknologi.

Mencari jurusan di perguruan tinggi memang tidak boleh salah pilih. Sebab jurusan yang akan dijalani di bangku kuliah nanti akan menjadi penentu masa depan. Coba dilihat lagi hasil belajar di sekolah. Nilai mata pelajaran apa yang lebih unggul dari yang lainnya.



Dari hasil belajar tadi kemudian refleksikan ke diri sendiri, apakah dirimu bahagia menjalaninya. Sebab jurusan yang mau dipilih sebaiknya disesuaikan dengan hasrat, minat dan bakat.

Khusus untuk anak IPA, berikut ini 15 rekomendasi jurusan bagi calon mahasiswa yang tertarik mendalami bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA), kedokteran, teknik serta computer dan teknologi dilansir dari laman resmi Ruang Guru di ruangguru.com.

A. Bidang MIPA
Jurusan kuliah untuk anak IPA pada bidang ini bisa kamu temukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

1. Jurusan Astronomi
Salah satu perguruan tinggi yang membuka Jurusan Astronomi adalah Institut Teknologi Bandung. Akan belajar apa saja di prodi ini? Kurikulum Jurusan Astronomi di ITB memiliki tiga sub-bidang kajian: Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang, dan Tata Surya.

Mata kuliah di jurusan saintek yang satu ini juga mencakup berbagai ilmu, seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.



2. Jurusan Geografi
Kalau mata pelajaran Geografi dipelajari di jurusan IPS ketika SMA, ternyata bidang ilmu ini nyatanya masuk ke jurusan saintek. Secara garis besar, mahasiswa Jurusan Geografi akan dibekali pengetahuan untuk menganalisis persoalan yang menyangkut ekologi dan kajian wilayah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3497 seconds (0.1#10.140)