Ini Tahapan Jika Lupa Password Akun Sekolah di Portal LTMPT

Senin, 10 Januari 2022 - 10:31 WIB
loading...
Ini Tahapan Jika Lupa Password Akun Sekolah di Portal LTMPT
Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochamad Ashari. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lupa password menjadi salah satu kesalahan yang kerap terjadi dalam proses pembuatan akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ). Namun apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi? Simak tahapan yang harus dilakukan berikut ini.

Mengutip instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Senin (9/1/2022), LMPT menjelaskan jika lupa password maka jangan terburu-buru untuk membuat akun baru.



LTMPT pun menjelaskan tahapan yang harus dilakukan sekolah jika lupa password yang telah dibuat. Berikut penjelasannya:

1. Jika sekolah lupa password akun LTMPT, buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan pilih tombol masuk

2. Setelah laman login muncul, klik tautan Lupa Kata Sandi? atau Forgot Password?

3. Masukkan email akun LTMPT yang telah terdaftar sebelumnya

4. Jika akun yang dimasukkan terdaftar maka akan muncul notifikasi pengiriman email reset password

5. Buka inbox/spam folder di email anda dan klik tombol Reset Password

6. Masukkan password baru dan konfirmasi password baru anda

7. Setelah memasukkan password baru maka akan muncul notifikasi sukses dan anda dapat melakukan login kembali di portal LTMPT.

Perlu diketahui, saat ini tahapan menuju proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sedang berjalan melalui beberapa tahap.

Pendaftaran SNMPTN 2022 sendiri dijadwalkan LTMPT akan dibuka pada 14 sampai dengan 28 Februari 2022. Sebelum pendaftaran, sebelumnya ada tahapan registrasi akun LTMPT yang harus dilakukan sekolah dan juga siswa.

Diiringi juga dengan proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Pada proses pengisian PDSS ini ada verifikasi data sekolah. Dimana sekolah harus memasukkan nama siswa yang eligible dan juga nilai rapornya untuk SNMPTN.

Mengutip instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Minggu (9/1/2022), LTMPT menjelaskan, tahapan verifikasi data sekolah adalah tahapan untuk memeriksa kebenaran data siswa kelas 12 beserta dengan status akunnya yang dilakukan oleh sekolah.

Hal ini bertujuan untuk memastikan tidak ada data siswa kelas 12 yang salah dan tertinggal.

Apabila ditemukan masih ada data siswa yang bermasalah maka sekolah wajib melakukan perbaikan melalui Dapodik dan kemudian menekan tombol “PERBARUI DATA” pada laman verifikasi.

"Batas akhir verifikasi data sekolah dilakukan pada tanggal 8 Februari 2022. Jadi jangan sampai ketinggalan ya!," tulis LTMPT di IG resminya.

Berikut ini 4 tahapan verifikasi data sekolah tersebut.

1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya

2. Pilih menu Verifikasi Data Sekolah atau Siswa di dashboard portal LTMPT

3. Di halaman verifikasi data sekolah, periksa data sekolah anda dengan seksama. Jika ada kesalahan data lakukan perubahan melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) kemudian tekan tombol Perbarui Data

4. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman Verifikasi Data Siswa. Mohon untuk memeriksa kevalidan data dari daftar siswa kelas 12 beserta dengan status akunnya. Jika terdapat kesalahan mohon untuk melakukan perbaikan melalui Dapodik setelah itu tekan tombol Perbarui Data Siswa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)