Perdana, Ridwan Kamil Buka Kurikulum Bisnis Digital SMK di Jabar

Selasa, 11 Januari 2022 - 22:34 WIB
loading...
Perdana, Ridwan Kamil Buka Kurikulum Bisnis Digital SMK di Jabar
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat membuka Kurikulum Bisnis Digital SMK di SMK Negeri 1 Kota Bogor, Selasa (11/1/2022). Foto/SINDOnews/Agung Bakti S
A A A
BOGOR - Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar mulai membuka kelas perdana Kurikulum Bisnis Digital bagi SMK di SMK Negeri 1 Bogor, Selasa (11/1).

Program pelatihan bisnis digital ini merupakan hasil kerja sama Pemprov Jabar dengan Shopee Indonesia. Adapun pelatihan dilaksanakan hingga 12 bulan mulai Januari 2022 dengan melibatkan 206 sekolah kejuruan di Jabar.



Dari jumlah tersebut, ada sekitar 406 guru yang mengikuti training of trainer, sedangkan jumlah siswa yang akan mengikuti pelatihan sebanyak 26.312 siswa.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berharap, kurikulum bisnis digital ini dapat menelurkan generasi penerus yang kompeten dan adaptif terhadap perubahan tantangan global, sehingga lulusan SMK siap memasuki dunia kerja.

"Dengan begitu anak-anak SMK Jawa Barat akan juara di bidang digital, akan banyak diserap pasar, dan didoakan juga mayoritas menjadi wirausaha," ujar Ridwan Kamil saat membuka kurikulum bisnis digital SMK, Selasa (11/1/2022).



Mengingat saat ini Indonesia sedang menghadapi disrupsi di mana salah satunya disrupsi 4.0, lanjutnya, maka lahirnya kurikulum bisnis digital menjadi salah satu bentuk kekuatan di dunia pendidikan, khususnya dalam beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan teknologi.

Dia pun yakin, kurikulum bisnis digital ini bisa memberi kesempatan kepada guru dan siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan atau soft skill dalam penyelenggaraan bisnis digital.

Pembelajaran digital juga akan melahirkan wirausaha-wirausaha yang bisa menekan angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)